in

Rayakan HUT Kota Pekalongan, Wali Kota Ajak Tingkatkan Sinergi Dalam Pembangunan

Foto : Pekalongankota.go.id

 

HALO PEKALONGAN – Wali Kota Pekalongan H Achmad Alf Arslan Djunaid SE mengajak seluruh unsur di masyarakat, untuk bersinergi melaksanakan program-program pembangunan daerah.

Ajakan itu disampaikan Wali Kota Pekalongan, berkaitan dengan perayaan HUT Ke-116 Kota Pekalongan tahun ini, yang jatu pada 1 April 2022. Perayaan HUT tersebut mengambil tema “Bersinergi Membangun Bersama Rakyat”.

Menurut Wali Kota yang biasa disapa Aaf itu, masih ada sejumlah persoalan yang perlu diatasi bersama, salah satunya adalah penanganan sampah.

“Banyak sekali dari warga yang sudah memberikan masukan ke pemerintah apa yang terjadi di wilayahnya masing-masing, bahkan dengan solusi akan jauh lebih baik. Kami tekankan dan fokuskan adalah bagaimana penanganan sampah dan peran masyarakat sangat diperlukan. Bayangkan 120 ton sampah per hari masuk ke TPA, kalau dirata-rata sampah yang dihasilkan oleh masyarakat di Kota Pekalongan itu berkisar 4 ons-0,5 kg sampah per orang,” tutur Aaf, baru-baru ini seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Menurutnya, penanganan sampah itu bisa dimulai dari pemilahan sampah dari rumah, untuk bisa disetorkan ke bank-bank sampah di Kota Pekalongan. Pengeloaan bank-bank sampah tersebut bekerja sama dengan TP PKK setempat.

“Ayo kita mulai supaya permasalahan ini cepat beres, dan sinergitas dengan masyarakat berkaitan program-program pembangunan. Masukan-masukan, solusi yang terjadi di daerah masing-masing ini, ayuk kita tumbuhkan peran serta dari masyarakat. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, justru kita harapkan peran serta dari masyarakat untuk bersinergi maupun memberikan masukan. Komunikasi dengan masyarakat juga sudah kami buka melalui media maupun kanal-kanal online. Harapannya, seinergitas bersama ini terus bisa terjalin,” tegasnya.

Dia juga mengatakan bahwa parayaan HUT tahun ini masih berlangsung pada masa pandemi Covid-19. Karena itu rangkaian perayaan HUT akan digelar secara sederhana, di antaranya berupa kegiatan khataman Al-Qur’an, Kamis (31/3/2022) malam nanti.

Kemudian untuk pada 1 April 2022, berupa kegiatan istighotsah dan penyerahan piagam penghargaan, kepada 12 keluarga tokoh atau pahlawan, yang telah berkontribusi dan mengabdikan diri untuk Kota Pekalongan. Nama-nama tokoh itu, akan diabadikan menjadi nama jalan-jalan di Kota Pekalongan.

“Tidak hanya itu, Pemkot juga akan ziarah ke makam para mantan Wali Kota Pekalongan di Kota Pekalongan dan rapat paripurna DPRD. Mudah-mudahan dengan kesederhanaan ini tidak mengurangi makna peringatan Hari Jadi Kota Pekalongan ke-116 Tahun 2022,” kata dia. (HS-08)

Pemkab Kudus Dukung Transaksi Digital di Kawasan Wisata Religi Sunan Muria

Dua Periode Jabat Bupati, Haryanto Tak Tinggalkan Utang Daerah