in

Rayakan HUT Ke-277 Sragen, Bupati Ajak Warganya Bangkit

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, berjalan menuju ke Alun-alun, dalam perayaan HUT Ke-277 Kabupaten Sragen. (Foto : Sragenkab.go.id)

 

HALO SRAGEN – Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengajak warganya untuk bangkit dan membangun kembali, setelah Bumi Sukowati keluar dari wabah Covid-19.

Ajakan itu disampaikan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, saat menyampaikan sambutan dalam bahasa Jawa, pada upacara perayaan HUT Ke-277 Kabupaten Sragen, di Stadion Taruna Sragen, Sabtu (27/5/2023).

Bupati mengatakan kegiatan pembangunan infrastruktur pun telah dilakukan, seperti membangun gedung pemda terpadu, rumah sakit, puskesmas, politeknik pariwisata, dan pasar.

Pemerintah juga telah melakukan rekontruksi jalan dan jembatan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

Hal ini, menurut dia, sesuai dengan misi dan visi Kabupaten Sragen 2021-2026, yaitu menuju Kabupaten Sragen yang mandiri, sejahtera dan berbudaya berdasarkan semangat gotong royong.

Lebih lanjut Bupati Sragen, juga mengatakan pihakinya telah memperoleh berbagai penghargaan, termasuk opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 8 kali berturut.turut dari BPK.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sragen, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten ke-277. Terima kasih atas dukungan dan doa masyarakat Kabupaten Sragen, sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama adalah untuk kemajuan dan kemakmuran masyarakat Sragen. Jangan lupa Bangga Sragen Gotong Royong Nyawiji Bangun Bumi Sukowati,” kata dia, seperti dirilis sragenkab.go.id.

Busana Adat

Untuk diketahui, pada peringatan HUT Ke-277 Kabupaten Sragen kali ini, mulai dari Bupati Sragen, Wakil Bupati, Forkopimda, instansi vertikal hingga seluruh aparatur sipil negara (ASN), mengenakan baju adat Nusantara.

Hal tersebut sesuai Surat Edaran No.019/223/026/2023 yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen, Hargiyanto mengenai pelaksanaan Upacara HUT Ke-277 Sragen.

Upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Sragen ke-277, dilaksanakan di Stadion Taruna Sragen, Sabtu (27/5/2023).

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, bersama suami,  Akbar Zulkifli Oesman, tiba di Stadion Taruna Sragen, mengenakan pakaian adat Sulawesi. Adapun putrinya, Putri Humaira Akbar, mengenakan baju adat Toraja.

Tidak ketinggalan Wakil Bupati Sragen,  Suroto beserta istri mengenakan baju adat Bali dan Forkopimda Sragen pun tampak mengenakan baju adat Nusantara seperti Baju adat Betawi yang dikenakan oleh Dandim 0725 Sragen dan Kapolres Sragen, baju adat Sumatera oleh Ketua DPRD Kabupaten Sragen Suparno dan baju adat Sulawesi oleh dikenakan Kepala Kejaksaan Negeri Sragen (Kajari Sragen) Ery Syarifah.

Usai Upacara, seluruh peserta upacara dan tamu undangan melakukan kirab dengan berjalan kaki sejauh 500 meter, menuju Alun-alun Sragen.

Kirab atau defile diawali dengan iring-iringan seni reog Ponorogo, diikuti rombongan Bupati dan keluarga, Wakil Bupati Sragen, Forkopimda Sragen, undangan tamu dan seluruh peserta upacara.

Sepanjang Jalan Veteran, Bupati dan rombongan sesekali menyapa anak-anak sekolah yang sudah menunggu di pinggir jalan dan menyempatkan swafoto dengan warga masyarakat sekitar. (HS-08)

Pj Bupati Batang Minta, HARPI Melati Jaga Kearifan Lokal Dalam Bentuk Riasan

Penduduk Miskin di Kutasari Purbalingga Terima Beras Bantuan Pangan