Ratusan Warga Terjaring Razia Masker di Gambilangu dan Alun-alun Kendal

Razia masker di eks-lokalisasi Gambilangu, Sabtu (22/8/2020) malam.

 

HALO KENDAL – Ratusan warga terjaring Tim Gabungan Razia Masker. Razia yang dipusatkan di dua titik, yakni eks-lokalisasi Gambilangu dan seputar alun-alun Kota Kendal, Sabtu (22/8/2020) malam.

Ratusan warga yang terjaring, di dua lokasi tersebut, setelah didata kemudian diberi sanksi berupa menyapu di sekitaran pasar Kendal.

Sebelum razia dimulai, tim gabungan gugus Covid-19 yang terdiri dari TNI/Polri, Dishub, Dinas Kesehatan dan Satpol PP melaksanakan apel di halaman Polsek Kota Kendal, yang dipimpin oleh Kapolres Kendal, AKBP Ali Wardana.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kendal, Toni Ari Wibowo mengatakan, dari dua lokasi, petugas merazia warga yang keluar rumah tanpa menggunakan masker.

“Bahkan ada beberapa pengendara sepeda motor maupun mobil yang kedapatan tidak menggunakan masker dihentikan dan diberi sanksi sosial,” ujarnya.

Dijelaskan, sesuai Perbup nomor 51 tahun 2020 juncto pasal 56 tentang kewajiban penggunaan masker, Satpol PP sudah mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Namun karena masih banyak warga yang bandel ketika keluar rumah tidak memakai masker, maka kami lakukan penindakan berupa sanksi sosial, hingga penahanan KTP,” tandas Toni.

Sementara dari keterangan warga yang terjaring, rata-rata mengaku lupa tidak membawa masker. Bahkan para pengendara yang kedapatan, termasuk remaja dan orang tua yang berada di seputar alun-alun Kendal, mengaku lupa tidak memakai masker.

“Saya lupa tidak menggunakan masker karena mau cari makan sebentar saja,” ungkap Hendri salah satu warga yang terjaring razia.

Hal senada dikatakan Titin, warga Cepiring. Ia bersama anakya sedang keluar cari makan bersama anaknya di alun-alun Kendal.

“Saya sebenarnya bawa masker, tapi saya taruh di bagasi jok, tidak dipakai. Jadi kami terjaring razia,” ujarnya.

Kemudian, mereka yang terjaring razia masker diangkut dengan menggunakan truk Satpol PP dan dibawa ke pasar Kendal untuk menyapu seputaran pasar.

Usai menyapu, kemudian para pelanggar dibawa kembali ke alun-alun Kendal untuk mengambil KTP, maupun sepeda motor yang ditahan sementara.

Sebelum dilepas mereka diberi imbauan agar sadar untuk selalu menggunakan masker dan mencuci tangan setiap habis keluar rumah. Hal ini dilakukan, untuk mempercepat pemutusan penyebaran virus corona.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.