Ratusan Warga Sendangmulyo Rembang Terima Sertifikat Tanah

Penjabat Sementara Bupati Rembang, Imam Maskur menyerahkan sertifikat secara simbolis, di gedung KPRI, Desa Sendangmulyo, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang. (Foto : Rembangkab.go.id)

 

HALO REMBANG – Ratusan warga desa Sendangmulyo Kecamatan Sarang menerima sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Untuk mencegah penyebaran virus covid- 19, pembagian sertifikat dibagi menjadi 4 tahap. Pembagiannya pun dilakukan dalam dua hari, yakni Selasa kemarin dan Rabu (4/11) hari ini.

Penyerahan 858 sertfikat, secara simbolis dilakukan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rembang, Imam Maskur di gedung KPRI, di desa Sendangmulyo, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang.

Imam Maskur dalam sambutannya menyatakan rasa syukur, karena lebih dari 19 ribu bidang tanah di wilayahnya, sudah terdaftar melalui program PTSL. Saat ini sertifikat yang sudah jadi tinggal dibagi ke desa-desa.

Imam juga meminta masyarakat bisa mempergunakan sertikat tersebut dengan baik, seperti untuk usaha produktif.

“Kalau bisa yang mau dipinjamkan di bank ya yang punya usaha produktif. Kalau tidak punya usaha, sertifikatnya dibuat agunan nanti malah tanahnya dilelang,” kata dia seperti dirilis rembangkab.go.id, Rabu (4/11).

Masyarakat juga diminta agar menghitung kemampuan membayar angsuran setiap bulan, jika hendak menggunakan sertifikat tersebut untuk mengambil kredit di bank. Jangan sampai kemampuan membayar hanya Rp 500 ribu, tetapi malah mengambil angsuran Rp 1 juta.

Dia mengingatkan bahwa program PTSL, merupakan program strategis nasional, agar seluruh tanah di Indonesia bersertifikat. Sehingga tidak ada lagi masalah sengketa tanah.

Salah satu penerima program PTSL, Roghibi mengakui program tersebut sangat membantu masyarakat. Terlebih saat ini Ia membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usahanya.

“Kalau mau mengajukan pinjaman ke bank kan harus ada agunan. Rencana untuk pinjaman usaha , usaha elektronik, ” tuturnya seusai menerima sertifikat tanah untuk rumahnya. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.