in

Ratusan Pramuka Penggalang di Pemalang Ikuti Lomba Tingkat III di Buper Sikucing

Pramuka Penggalang di Pemalang mengikuti lomba tingkat III di Buper Sikucing. (Foto : pemalangkab.go.id)

 

HALO PEMALANG – Sebanyak 448 anggota pramuka penggalang utusan dari 14 Kwartir Ranting (Kwarran) se Kwarcab Pemalang, selama 3 hari mulai Jumat (23/9/2022) hingga Minggu (25/9/2022), mengikuti Lomba Tingkat III (LT-III) Kwarcab Pemalang Tahun 2022, di Bumi Perkemahan Sikucing Desa Banyumudal, Kecamatan Moga.

Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Kwarcab Pemalang, Sukarso mengatakan kegiatan kepramukaan tersebut bermanfaat besar bagi siswa.

Hal itu karena selain dapat mencetak pribadi yang mandiri dan berkarakter kuat.

Terbentuknya karakter yang kuat, kata Mansur, karena selama mengikuti kegiatan kepramukaan, pelajar dilatih lima kecerdasan, yakni spiritual, emosional, intelektual, sosial, dan fisik.

Kepada para peserta LT III, Mansur berharap peserta dapat berlatih mandiri dan mempunyai sifat kepemimpinan (leadership) yang kuat dan kokoh.

Untuk itu mereka harus mengasah dan memperkuat keberanian, kreativitas, keuletan, kesabaran, ketekunan, kepercayaan diri, serta persaingan secara sehat (sportif).

Selanjutnya kepada Tim juri lomba, Mansur minta mereka dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, yaitu jujur, adil dalam setiap penilaian, bertanggung jawab, serta menjunjung tinggi netralitas dengan tidak memihak gudep manapun.

Selain itu kepada peserta dan penyelenggara, agar mengutamakan keselamatan. Mereka harus menghindari kegiatan-kegiatan atau lomba yang berpotensi mengakibatkan cedera bagi peserta.

Mansur juga berpesan supaya mereka bisa mematuhi setiap petunjuk dari pembina pendamping dan selalu menjaga kesehatan, kekompakan serta mengikuti setiap kegiatan dengan hati riang dan gembira.

”Manfaatkan kegiatan ini sebagai wahana dalam mencari saudara dan teman baru sebanyak banyaknya perkenalkan diri kalian masing-masing kepada semua peserta yang ada di sana, agar kalian bisa saling mengenal satu sama lain,“ kata Mansur, seperti dirilis pemalangkab.go.id.

Sebelumnya, Mansur menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan lomba tingkat III Kwarcab Pemalang Tahun 2022.

Sementara itu Ketua Panitia LT III Kwarcab Pemalang Tahun 2022, Tusyati melaporkan, kegiatan LT III Kwarcab Pemalang tahun 2022, dengan tema “Penggalang Cerdas, Kreatif Tangguh dan Berkarakter”, bertujuan membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan, berupa janji Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka.

Selain itu memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka penggalang sekaligus untuk memberikan wadah bagi penggalang yang berprestasi di tingkat Cabang atau (LT-III) untuk meningkatkan keberanian keterampilan dan pengetahuan dan semangat kejuangan mencapai cita-citanya.

Tusyati menyampaikan, Peserta LT III tingkat Kwarcab Pemalang, adalah utusan dari 14 Kwartir Ranting (Kwaran) se Kwarcab Pemalang, yang merupakan regu tergiat 1 dan tergiat 2 putra dan putri pada LT II Tingkat Kwartir Ranting dengan jumlah 8 anak Pramuka penggalang tiap regunya. Sehingga jumlah total peserta sebanyak 448 Pramuka penggalang.

Secara keseluruhan, kegiatan LT III Kwarcab Pemalang tahun ini dititikberatkan pada peningkatan prestasi peserta didik, sesuai dengan tingkatannya.

Yaitu ada 16 kegiatan yang di dalamnya sudah mengasah kemampuan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik dari peserta. Tusyati menambahkan, regu tergiat 1 putra dan putri berhak mengikuti LT IV Tingkat Kwarda Jawa Tengah mewakili Kwarcab Pemalang. (HS-08)

Berikan Pengarahan di Blora, Menpan RB : Reformasi Birokrasi Harus Berdampak Nyata

Keberagaman Budaya Jadi Modal Bangsa, Anggota DPRD Ini Beri Dukungan Pelestarian