in

Ratusan Peserta Ikuti Workshop BPM yang Digelar USM

Kegiatan Workshop Business Process Management (BPM) dalam memperingati Lustrum ke- 7 USM, Selasa (14/6/2022).

HALO SEMARANG – Memperingati Lustrum ke- 7 Universitas Semarang (USM), Program Studi Sistem Informasi (SI) Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi USM menggelar Workshop Business Process Management (BPM), pada Selasa (14/6/2022). Kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut dilakukan secara hybrid.

Workshop ini menghadirkan dosen dan praktisi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana, Dr Johan JC Tambotoh SE MTI sebagai pemateri. Dan kegiatan diikuti sebanyak 142 peserta secara during maupun luring, yang terdiri dari para dosen, mahasiswa, alumni dan praktisi.

Kepala Program Studi SI USM, Nutriana Hidayati SKom MKom mengatakan workshop ini menjadi wadah transfer knowledge untuk dosen, mahasiswa dan stakeholder. Dan berharap kegiatan ini menambah wawasan dan soft skill para peserta.

“Selain menjadi serangkain kegiatan dalam rangka Lustrum ke -7 USM. Kegiatan ini sekaligus menjadi wadah transfer knowledge untuk dosen, mahasiswa dan stake holder yang berpartisipasi baik secara luring maupun daring,” ucap Nutriana, Rabu (15/6/2022).

“Hasil dari workshop harapannya bisa menambah pengetahuan tentang BPM, bagi mahasiswa bisa menambah soft skill dan bisa diakui sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) untuk program studi Sistem Informasi,” tambahnya.

Sementara, Ketua panitia workshop Vensy Vydia MKom mengatakan, workshop BPM ini bertujuan mengenalkan teknologi BPM kepada para peserta workshop.

“Tujuan dari digelarnya workshop ini adalah untuk mengenalkan teknologi BPM dan perkembangannya yang beberapa waktu ini memiliki trend riset baru di topic system informasi,” tutur Vensy.

Menurut Vensy Vydia MKom, dengan BPM organisasi dapat mengidentifikasi, menemukan, menganalisa, mendesain ulang, mengimplementasi proses hingga melakukan monitoring proses bisnis yang berjalan pada organisasi.

Sesi pelatihan dimulai dari pengantar BPM dan akhiri dengan praktek secara langsung BPM Notation dan Process Mining.

“BPM sendiri adalah metode, teknik dan alat untuk mengidentifikasi, menemukan, menganalisis, mendesain ulang, melaksanakan dan memantau proses bisnis untuk mengoptimalkan kinerja. Setiap organisasi pasti memilik proses bisnis, tugas BPM adalah bagaimana agar proses bisnis dapat berjalan secara efektif dan efisien,” terangnya.

BPM sendiri tidak hanya terikat pada ilmu teknologi informasi, namun dapat diterapkan di semua bidang seperti digunakan untuk mendokumentasikan proses pada SOP. (HS-06)

Tunjuk Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto, Presiden Jokowi Tekankan Penanganan secara Detil

Polwan Propam Polda Jateng Salurkan Sembako Bagi Warga Karangsari Kendal