in

Ratusan Pemudik Lewat Jalur Laut Tiba di Pelabuhan Kendal

Ratusan pemudik dari Kumai Kalimantan Tengah, tiba di Pelabuhan Kendal Kamis (28/4/2022) pukul 12.30 WIB.

HALO KENDAL – Menggunakan armada KMP Kalibodri, ratusan pemudik Lebaran 2022 dari Kumai, Kalimantan Tengah tiba di Pelabuhan Kendal, Kamis (28/4/2022) sekira pukul 12.30 WIB.

Setibanya di Pelabuhan Kendal, para pemudik diperiksa kelengkapan surat kesehatannya oleh petugas dari UPTD Pelabuhan Kendal.

Pemudik yang tiba kali ini rata-rata berasal dari Temanggung, Wonosobo, Banjarnegara, Purwokerto, dan Solo.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal Giri Kusuma mengatakan, kedatangan KMP Kalibodri Semarang ini merupakan yang ketiga kalinya mengangkut pemudik dalam momentum lebaran tahun 2022.

“Diprediksi penumpang terbanyak hari ini. Dan malam ini jam 19.00 WIB KMP Kalibodri akan langsung berangkat lagi ke Kumai. Biasanya bersandar dulu satu atau dua hari, dan perjalanan Kendal-Kumai lebih kurang 24 jam,” terangnya.

Giri menjelaskan, sebelumnya pada kedatangan pertama pada Rabu (20/4/2022) hanya mengangkut 79 pemudik.

“Kemudian kedatangan kedua pada Minggu (24/4/2022) mengangkut 419 pemudik juga ratusan kendaraan dan hewan ternak,” bebernya.

Rencananya KMP Kalibodri Semarang akan ada pemberangkatan mudik dari Kumai satu kali lagi. Dan diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Kendal pada Minggu (1/5/2022) mendatang.

“Pemudik dari Kalimantan ini, rata-rata berprofesi di perkebunan sawit, kemudian para pedagang warung dan pasar, juga pekerja di beberapa perusahaan lainnya,” ungkap Giri.

Sementara itu, Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andy Rahmat mengatakan, pada kedatangan KMP Kalibodri Semarang kali ini terdapat 30 penumpang dari Kumai yang terpaksa tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kendal.

“Itu karena penumpang tersebut belum vaksin serta tidak lengkap surat kesehatannya. Saat dicek oleh petugas, ternyata mereka belum vaksin dan surat kesehatannya tidak lengkap. Jadi biar mereka melengkapi dulu persyaratannya,” terang Andy.

Kemudian, kepada penumpang tersebut, akan ikut pemberangkatan pada 1 Mei 2022 mendatang. Kalau arus balik diperkirakan tanggal 5 Mei 2022.

Menurut penuturan Nanot (40), salah seorang pemudik, mengaku senang bisa pulang ke kampung halamannya di Purwokerto.

Dirinya juga mengaku, sudah lebih dari dua tahun tidak mudik. Sehingga dirinya akan menikmati lebaran lebih lama di kampung halamannya.

“Saya kerja di Kalimantan Barat. Terus ini mau balik kampung halaman di Purwokerto. Sekitar tiga minggu atau satu bulan nanti berangkat lagi,” katanya. (HS-06).

Gelar “Berbagi Berkah Ramadan”, Hotel Ciputra Semarang Bagikan Sebanyak 250 Paket Sembako¬†

Antisipasi Kemacetan Arus Mudik 2022, Dishub dan Polres Kendal Mulai Terapkan Rekayasa Lalu Lintas