in

Ratusan Orang Hadiri Expo UMKM Digital Di Pendopo Kendal

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menghadiri Expo UMKM Digital Kendal Tahun 2021, di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kabupaten Kendal, Kamis (3/6/2021).

 

HALO KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kendal menggelar Expo UMKM Digital Kendal Tahun 2021, bertempat di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kabupaten Kendal, Kamis (3/6/2021).

Hadir dalam acara ini Bupati Kendal Dico M Ganinduto didampingi Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, M Firdaus Muttaqin.

Hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynne Frederica, Pimpinan KIK dan Pimpinan BUMD, serta diikuti oleh 100 orang peserta.

Kepala Disperinkop UKM Kendal, Kuncahyadi menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi pemberdayaan UMKM melalui promosi potensi dan produk-produk unggulan yang ada di Kabupaten Kendal.

“Selain itu, mendorong UMKM berdaya saing dalam percepatan digital (go digital), sehingga mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, M Firdaus Muttaqin mengaku bangga diundang untuk menyaksikan launching UMKM Digital Expo Kabupaten Kendal 2021.

Menurutnya, Expo ini memberikan bukti tingginya dukungan semua pihak untuk memajukan UMKM di daerah.

“Secara nasional, UMKM memiliki peranan penting dan strategis dalam struktur perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan besar terhadap PDB sebesar 61,1%, penyerapan tenaga kerja 90,1%, dan ekspor 14,4%,” papar M Firdaus.

Dalam kondisi pandemi saat ini, UMKM diharapkan dapat menjadi lebih inovatif, baik dalam hal peningkatan penggunaan platform digital maupun perluasan pemasaran ke pasar ekspor.

“Dengan demikian, semua pihak diharapkan selalu berupaya untuk terus mendorong perkembangan UMKM menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,” imbuhnya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan mengucapan terima kasih, karena sudah bersedia hadir dalam rangkaian acara Publikasi Laporan Penanganan Covid-19, Vaksinasi, dan UMKM Expo di Kabupaten Kendal.

“Dukungan terhadap UMKM Kendal sesuai dengan salah satu Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu Handal dan Unggul, di mana misi yang ingin dicapai adalah, menjadikan Kendal sebagai Pusat Industri dan Pariwisata Jawa Tengah yang mandiri, berprestasi, berdayasaing dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” ungkapnya.

Dico berharap, dengan mendukung UMKM terutama dengan mendorong digitalisasi UMKM Kendal dapat menciptakan industri yang mandiri, adaptif, dan berkelanjutan.

“Kegiatan hari ini merupakan rangkaian upaya Pemerintah Kabupaten Kendal dalam memberikan dukungan dan semangat kepada pelaku UMKM Kendal untuk mendukung percepatan digitalisasi UMKM Kendal,” imbuhnya.

Dico juga menjelaskan, Kabupaten Kendal memiliki 31.000 UMKM berskala mikro dengan 9.446 UMKM telah terdaftar dalam sistem ODS (Online Data Sistem), 3.029 UMKM telah diberikan pendampingan kelembagaan dan usaha.

“Selain itu, kepada 2.561 UMKM telah diberikan dukungan fasilitasi pelatihan, yang diharapkan pelaku UMKM Kendal dapat menembus pasar global melalui pemanfaatan teknologi digital,” pungkasnya.

Acara diakhiri dengan peninjauan stand oleh Bupati dan Wakil Bupati Kendal bersama para tamu undangan.(HS)

Share This

Pemberangkatan Ibadah Haji 2021 Resmi Dibatalkan

Diduga Sakit, Pengendara Motor Meninggal Usai Jatuh Di Tanjakan Manyaran