in

Ratusan Guru PJOK di Batang Diajak Jadi Agen Gempur Rokok Ilegal

Para guru PJOK mengikuti senam bersama, dalam kegiatan sosialisasi ketentuan bidang cukai, di Gedung Olahraga (Gor) Abirawa, Kabupaten Batang, Rabu (30/11/2022). (batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Para guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (OJOK) di Kabupaten Batang, diajak untuk menjadi agen gempur rokok ilegal.

Mereka diharapkan dapat menyampaikan pesan akan pentingnya cukai tembakau dan manfaatnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang, Yarsono, setelah membuka sosialisasi ketentuan bidang cukai, kepada para guru PJOK se-Kecamatan Batang.

Sosialisasi tersebut digelar bekerja sama dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tegal, di Gedung Olahraga (Gor) Abirawa, Kabupaten Batang, Rabu (30/11/2022).

Mengawali kegiatan, para peserta yang berjumlah 200 guru dari tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat itu, melaksanakan senam bersama.

Selain senam, mereka juga mengikuti kegiatan voli, basket, dan futsal.

“Untuk kegiatan ini tidak diberikan hadiah, karena sifatnya hiburan agar makin memeriahkan tiap event yang digelar di Gor Abirawa,” kata dia, seperti dirilis batangkab.go.id.

Menurut Yarsono, walaupun kegiatan sosialisasi kali ini menyasar para guru olahraga, namun pesan tersebut sebenarnya ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Ada sebagian dari mereka yang memang sudah jadi perokok, makanya tepat sosialisasi ini, tentang gempur rokok ilegal,” kata dia,

Materi sosialisasi disampaikan langsung dari perwakilan KPPBC Tegal, Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam (ISDA) Jawa Tengah dan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Batang.

Ia mengemukakah harapan, para guru olahraga itu akan ikut menyosialisasikan gempur rokok ilegal, kepada sesama guru di lingkungan sekolah.

“Para pendidik bisa menjadi agen untuk melawan penyebaran rokok ilegal maupun cukai ilegal, karena jika hal itu dibiarkan akan berpengaruh pada pendapatan negara dan pendapatan daerah,” ujar dia. (HS-08)

Desa Jinggotan Jepara Kampanyekan Germas

Operasi Pasar Murah, Pemkab Batang Bersama BI dan Bulog Sediakan 1.000 Paket Sembako