in

Ratusan Guru di Kendal Mengikuti Pelatihan Senam Anti Narkoba

Ratusan guru Paud hingga SMP mengikuti senam anti narkoba di Alun-alun Kendal, Kamis (13/10/2022).

HALO KENDAL – Dalam rangka mewujudkan Kendal Bersih dari Narkoba (Bersinar), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal merangkul Kesabangpol dan Disdikbud Kendal menyelenggarakan Pelatihan Senam Anti Narkoba bagi para tenaga pendidik.

Acara yang digelar di dua tempat, yakni di Alun-alun Kendal dan objek wisata Curug Sewu tersebut, diikuti ratusan guru dari tingkat pendidikan usia dini atau Paud hingga SMP, berlangsung selama dua hari pada Kamis – Jumat (13-14/10/2022).

Kepala BNNK Kendal, Anna Setiyawati mengatakan, kegiatan pelatihan Senam Indonesia Bersatu Bersih Narkoba ini, diberikan kepada tenaga pendidik dalam rangka ikut mensosialisasikan bahaya narkoba bagi anak-anak.

Hal ini dilakukan karena para guru memiliki peran yang sangat besar untuk membentengi peserta didik terhindar dari kenakalan remaja khususmya narkoba. Untuk itu, dilakukan pendekatan yang persuasif sekaligus menjaga kesehatan.

“Jadi hari ini kita berikan pelatihan kepada tenaga pendidikan, Senam Bersinar. Hal ini dalam rangka perang terhadap narkoba, salah satunya dengan melaksanakan senam bersama ini,” terangnya.

Anna berharap, para tenaga pendidik tersebut nantinya bisa mensosialisasikan kepada anak didiknya untuk selalu hidup sehat dengan berolahraga, serta menjauhi narkoba.

“Jadi diharapkan, para bapak dan ibu guru ini bisa menyampaikan sosialisasi bahaya narkoba kepada siswa di sekolah melalui senam. Karena musiknya enak untuk senam, dan di dalamnya juga diselipkan edukasi bahaya narkoba,” ungkapnya.

Anna menjelaskan, dalam kondisi apapun, sosialisasi bahaya narkoba terus digelorakan pihak BNNK.

“Meski kondisinya rawan maupun tidak, kita perlu untuk menggelorakan bahaya narkoba. Khususnya generasi muda di Kabupaten Kendal,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Dwi Cahyono Suryo menambahkan, kegiatan Senam Bersinar diikuti oleh 400 peserta, yang dibagi di dua tempat selama dua hari, yakni Kamis – Jumat (13-14/10/2022).

“Senam yang diselenggarakan bersama BNNK dan Kesbangpol ini, digelar di dua tempat. Kalau di Alun-alun Kendal ini ada 300 guru. Sedangkan yang di Curug Sewu Patean ada 100 guru,” bebernya.

Dwi mengatakan, kegiatan ini sangat penting dalam rangka memberikan edukasi kepada siswa untuk ikut memerangi peredaran dan penyalahgunaam narkoba, khususnya di Kendal.

“Kegiatan ini menyeluruh dan yang mengikuti perwakilan dari tiap-tiap sekolah. Karena waktunya pas jam pelajaran sekolah. Supaya kehadirannya tidak mengganggu proses belajar mengajar para siswa,” imbuhnya.

Salah seorang guru TK Muslimat NU Sukodono, Kecamatan Kendal, Siti Muslikhah, mengaku senang bisa mendapatkan pelatihan terkait bahaya narkoba.

“Dengan senam ini, bisa lebih mudah memberikan pemahaman kepada anak-anak TK akan bahaya narkoba. Apalagi gerakan senamnya mudah dilakukan, dan ada pesan moralnya. Selain itu senam ini juga sudah diakui. Sehingga bisa ditularkan kepada anak-anak,” ungkapnya. (HS-06)

Terima Kunjungan Siswa TK, Wakapolres Salatiga : Polisi Hadir untuk Dicintai dan Disayangi

Dua Anggota TNI yang Diperiksa Terkait Kasus Iwan Boedi Berpangkat Perwira dan Bintara