in

Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional, Jepara Siap Gelar Kirab Bentuk Rasa Syukur

Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta menerima penghargaan gelar pahlawan untuk Ratu Kalinyamat, dari Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023) (Foto : Jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta mengajak warganya untuk memeriahkan kirab, dalam rangka merayakan penganugerahan gelar pahlawan nasional, kepada Ratu Kalinyamat.

Kirab yang akan digelar Senin (13/11/2023) mendatang itu, juga wujud rasa syukur atas penganugerahan gelar yang sudah bertahun-tahun dinanti tersebut.

Ajakan itu disampaikan Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta, setelah menerima penghargaan gelar pahlawan untuk Ratu Kalinyamat tersebut, dari Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023)

Hadir saat itu Kepala Dinsospermasdes Kabupaten Jepara, Edy Marwoto dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jepara Pratikno.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta menuturkan bahwa pengajuan usulan gelar pahlawan tersebut sudah dilakukan sejak 2007.

“Itu terus dilanjut sampai tahun 2021 dan 2022 atas bantuan dari Yayasan Dharma Bakti Lestari kita mengkaji dan bersama dengan pemerintah daerah,” terang Edy usai menerima angerah dari Presiden Joko Widodo.

Dalam rangka mensyukuri pencapaian itu, Pj Bupati Edy Supriyanta mengimbau masyarakat untuk memeriahkan kirab yang akan digelar Senin 13 November 2023 mendatang.

“Maka hari ini oleh Bapak Presiden, khususnya Ratu Kalinyamat diberikan anugerah pahlawan nasional. Sebagai rasa syukur kita saya imbau pada masyarakat, Hari Senin (13 November 2023-red) jam 6.30 kita akan mengadakan arak-arakan Ratu Kalinyamat dari Gedangan sampai Pendopo Kabupaten Jepara. Tentunya kita mampir dulu di Makam Sultan Hadlirin di Mantingan. Kita berdoa dulu disana, sorenya kita mengadakan pengajian. Mongggo masyarakat yang mau hadir dipersilakan,” imbau Pj Bupati.

Kado Istemewa

Sementara itu Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, ketika bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023, di halaman Kantor Setda Jepara, menyebut pemberian gelar tersebut sebagai kado istimewa di Hari Pahlawan.

Dia mengatakan upaya dan usaha seluruh masyarakat Jepara selama bertahun-tahun untuk mengusulkan gelar Pahlawan Nasional kepada Ratu Kalinyamat, akhirnya membuahkan hasil.

“Alhamdulillah, hari ini Ratu Kalinyamat mendapat anugerah gelar Pahlawan nasional dari Presiden RI,” kata Kapolres.

Disampaikan, dengan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden RI kepada Ratu Kalinyamat, bukan hanya mempertegas Ratu Kalinyamat sebagai cikal bakal sejarah peradaban dan berdirinya Kabupaten Jepara. Akan tetapi, eksistensi dan peran Sang Ratu dalam perjuangan mengusir penjajah dan melindungi kedaulatan Nusantara pada masanya juga telah diakui oleh Bangsa Indonesia.

Ini adalah kebanggaan masyarakat Jepara. Untuk itu, di antara ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak atas penganugerahan ini.

Kapolres berharap kepada masyarakat Jepara untuk dapat mewarisi semangat perjuangan Ratu Kalinyamat sekaligus menjadikannya pijakan untuk terus berkarya dan giat membangun untuk kemajuan Jepara.

“Ini adalah kebanggaan masyarakat Jepara. Saya berharap bisa mewarnai semangat untuk terus berkarya membangun kemajuan Jepara,” kata Kapolres. (HS-08)

Polda Jatim Berhasil Bongkar Konten Asusila Libatkan Anak

Kapolres Grobogan Memimpin Ziarah di TMP