Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-415 Dilaksanakan Secara Virtual

Bupati Kendal, Mirna Annisa saat mengikuti Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kendal  ke-415 Tahun 2020 secara virtual dari ruang Bupati Kendal, Pemkab Kendal, Senin (27/07/2020).

 

HALO KENDAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kendal  ke-415 Tahun 2020, dengan tema “Tetap Bersatu Untuk Kendal Mendunia”, Senin (27/07/2020).

Rapat yangvdigelar secara virtual ini dipimpin Ketua DPRD Kendal, Muhamamad Makmun, serta dihadiri Wakil Ketua dan para anggota DPRD Kendal, Forkopimda, Forkopimcam dan perwakilan Kepala Desa di Kabupaten Kendal, serta BUMN dan BUMD Kabupaten Kendal.

Bupati Kendal, Mirna Annisa juga ikut dalam rapat ini secara virtual dari ruang Bupati Kendal, Pemkab Kendal.

“Kami segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kendal mengucapkan selamat hari Jadi Kabupaten Kendal ke-415. Dengan meneladani semangat para pendiri kabupaten, jadikanlah hari bersejarah ini sebagai momentum bekerja lebih giat lagi untuk membangun Kabupaten Kendal tercinta. Dan mari kita bangun toleransi dan kerukunan serta saling bekerja sama demi mewujudkan Kendal yang handal di semua aspek kehidupan masyarakat, demi mewujudkan Kendal tetap bersatu untuk mendunia,” ujarnya.

Menurutnya, landasan hukum yang menjadi dasar untuk dilaksanakannya Hari Jadi Kabupaten Kendal adalah Peraturan Daerah Kabupaten Kendal No 20 Tahun 2006 Tentang Hari Jadi Kabupaten Kendal.

“Sesuai dengan peraturan daerah tersebut, Hari Jadi Kabupaten Kendal jatuh pada hari Selasa Pon tanggal 12 Robihul Awal 1014 Hijriah atau bertepatan dengan tanggal 28 Juli 1065 Masehi, pada saat pengangkatan Kiai Tumenggung Bahurekso menjadi Bupati Kendal,” terang Makmun.

Sebagai penutup sambutan, Makmun juga membacakan deretan nama-nama tokoh yang pernah menjabat Bupati Kendal, dan deretan nama Ketua DPRD Kendal pun disebutkan untuk mengenang dan mengetahui periode kepimpinannya.

“Sejak tahun 1605 sampai sekarang tahun 2020, sudah ada 44 bupati yang menjabat, dan ada 16 ketua DPRD yang menjabat di Kabupaten Kendal sampai sekarang, salah satunya saya,” tutup Makmun.

Sementara Bupati Kendal, Mirna Anisa menyampaikan rasa terima kasih dan salam hormat kepada seluruh elemen masyarakat.

Dalam kesempatan itu Mirna Annisa didampingi Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur dan Sekda Muh Toha.

Dalam sambutannya, Mirna mengatakan, peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal adalah bukti nyata hasil kemitraan antara eksekutif dan legislatif dalam menyatukan seluruh aspek pembangunan, ekonomi, dan sosial budaya.

Bentuk kemitraan ini tertuang dalam kebijakan daerah yang akhirnya bermuara pada upaya dan komitmen bersama dalam membangun Kabupaten Kendal.

“Dalam situasi keprihatinan pandemi Covid-19 saat ini, sidang paripurna peringatan hari jadi tahun ini sedikit berbeda dari biasanya, karena juga dilakukan melalui live streaming YouTube di Kanal kendalkab dari tempat masing-masing. Seperti para camat, para peraih prestasi, dan warga Kendal semua yang tidak bisa hadir di sidang paripurna,” ungkap Bupati.

Rapat virtual ini menurutnya, bertujuan untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dan juga untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Kendal.

“Mari kita semua selalu mengingatkan dan mensosialisasikan atau memberikan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat sekitar untuk selalu mamatuhi protokol kesehatan dalam rangka percepatan pencegahan dan penanggulangan virus corona di daerah Kendal ini,” tuturnya.

Ditambahkan, bahwa sidang paripurna ini sangat istimewa ketika seluruh jajaran stakeholder yang ada di Kendal, baik pemerintah, swasta, serta seluruh elemen masyarakat yang ada mampu melakukan refleksi.

“Harapannya hasil refleksi saat ini membawa semangat perubahan dan pembenahan bagi Kabupaten Kendal, dengan tetap menjaga suasana yang kondusif,” kata dia.

“Rentang sejarah 415 tahun, para tokoh pemimpin dan pejuang Kendal telah berkarya silih berganti. Setiap pemerintahan yang berbakti kala itu telah bekerja keras dan bertekad membangun daerah ini ke arah yang lebih baik, demi mencapai kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

“Harapan kita bersama, kiranya pengabdian dan hasil karya berharga para tokoh pemimpin dan pejuang Kendal dahulu, menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita sebagai generasi penerus untuk meneruskan dan mewujudkan cita-cita luhur pendiri Kabupaten Kendal,” kata Bupati Kendal Mirna Annisa.

Kabupaten Kendal sejak didirikan oleh Tumenggung Bahurekso sebagai Bupati Kendal yang pertama hinga kini, terus menorehkan semangat kemajuan.

Maka dirinya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kendal yang menginginkan kemajuan, agar dapat diwujudkan dengan upaya bergerak maju, berbuat perubahan bagi pembangunan Kendal, membangun ekonomi yang kuat dan berkeadilan, meningkatkan taraf hidup masyarakat menuju kesejahteraan.

“Selain itu, kami juga mengajak seluruh elemen untuk mewujudkan Kendal yang kondusif dengan perekonomian yang maju dan berdaya saing tinggi, sesuai dengan tema peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal yang ke-415 tahun ini adalah Tetap Bersatu Untuk Kendal Mendunia,” pungkas Bupati.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.