in

Rangkul Bank Jateng, Peringatan Hardiknas di Jepara Berlangsung Meriah

Para siswa di Jepara Gelar Karya dalam rangka peringatan Hardiknas 2023.

HALO JEPARA – Pemkab Jepara menggelar sejumlah acara untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023. Selain menggelar tasyakuran, juga diadakan pameran dan pentas seni, dengan menggandeng Bank Jateng.

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hardiknas Kabupaten Jepara Tahun 2023, Ali Hidayat mengatakan, Peringatan Hardiknas tahun ini mengambil tema ‘Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’.

Dipaparkan, pada peringatan Hardiknas tahun ini, dilaksanakan kegiatan seremonial berupa upacara bendera, pentas seni, serta dilakukan gelar karya atau pameran pada tanggal 2-3 Mei 202.

“Selain itu juga dilaksanakan tasyakuran serta halal bihalal pada tanggal 5 Mei 2023 di Gedung PGRI Jepara,” papar Ali yang juga Sekretaris Dinas (Sekdin) Disdikpora Kabupaten Jepara.

Acara seremonial dilaksanakan pada hari Selasa (2/5/2023) di Alun-alun I Jepara, yang dihadiri Pj Bupati Jepara, Forkompinda, Sekda, Kepala OPD, perwakilan Satkordik, pimpinan BUMD dan peserta upacara dari unsur pendidik serta siswa.

“Kami mendukung upaya-upaya pengembangan diri dan karier guru, tapi jangan melupakan hak-hak peserta didik untuk ikut berbagai lomba dan kejuaraan. Tuntun mereka (peserta didik) sesuai dengan bakat, minat dan potensinya,” ungkap Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta dalam sambutannya.

Setelah pelaksanaan upacara Pj Bupati Jepara menyerahkan berbagai penghargaan kepada siswa yang berprestasi. Dilanjutkan dengan melihat demo siswa menunjukkan keahlian mengukir kayu serta meninjau stand/booth gelar karya di lokasi yang sama.

Kepala Seksi Gelar Karya/Pameran, Wuriyanto menjelaskan, gelar karya atau pameran disediakan stand/booth sebanyak 68 unit. Peserta gelar karya dari berbagai unsur pendidikan yang terdiri dari Himpaudi/IGTKI, Igra, Satkordikcam, Madrasah Ibtidaiyah atau MI, SMP, MTs, SMA, SMK, SLB, SKB, Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi, LPK dan peserta mandiri lainnya.

“Terima kasih Bank Jateng yang telah mensupport untuk pelaksanaan Agenda Kegiatan Hardiknas Tahun ini, sehingga berjalan sesuai yang diharapkan,” ujar Wuriyanto.

Sementara, Pemimpin Bank Jateng Cabang Jepara, Kurniawan Adji P mengatakan, Hardiknas 2023 menjadi tonggak penting dalam membina dan memelihara hubungan yang baik dan harmonis dengan lingkungan pendidikan di Kabupaten Jepara.

“Karena itu Bank Jateng merasa perlu untuk ikut mangayubagya perhelatan peringatan Hardiknas di Kabupaten Jepara, sehingga berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

Kurniawan menjelaskan, Hardiknas yang selalu diperingati setiap 2 Mei, bertepatan dengan hari kelahiran Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantoro, yang buah pemikirannya menjadi semboyan dan inspirasi dunia pendidikan nasional.

“Yaitu, Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani, atau di depan menjadi panutan, di tengah memberi gagasan, di belakang memberikan dukungan,” jelasnya.(HS)

Diisukan Bakal Hengkang, Septian David Maulana Perpanjang Kontrak Hingga 2026

Abah Lala Nyayi ‘Ojo Dibandingke’ untuk Prabowo, Liriknya: Yo Mesti Menang