in

Putra Putri Purnawirawan Polri Bagikan 1.000 Nasi Bungkus Kepada Warga Yang Divaksin

Penyandang disabilitas yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 di Mapolres Wonosobo, mengambil nasi bungkus yang disediakan Putra Putri Purnawirawan Polri. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO WONOSOBO– Ada pemandangan tak biasa dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 di halaman Mapolres Wonosobo, Jumat (13/8) pagi tadi. Setiap peserta yang telah mendapat vaksin, ketika pulang dipersilakan mengambil nasi bungkus untuk sarapan.

Pembagian lebih kurang 1.000 nasi bungkus itu, dilakukan oleh Putra-Putri Purnawirawan Polri, untuk membantu warga yang telah mendapatkan suntikan vaksin.

Kordinator dari Putra-putri Polri, Fitri Pratiwi, mengatakan bahwa tujuan menyediakan nasi bungkus ini, untuk membantu warga yang membutuhkan sarapan.

Menurut dia, animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di Mapolres Wonosobo ini memang cukup besar. Banyak warga datang dari pelosok desa, untuk bisa disuntik vaksin. Bahkan ada yang berangkat dari rumahnya sejak pukul 03.00 dini hari. Karena itulah besar kemungkinan, para peserta tersebut belum sarapan.

“Jadi warga yang telah divaksin, kemudian menuju pintu keluar, dan mengambil nasi bungkus yang telah kami siapkan di atas meja. Untuk hari ini, kami menyediakan 1.000 nasi bungkus. Untuk isinya, satu paket berisi nasi, sambal goreng kentang, mie goreng, telur, dan tempe bacem, snack dan air mineral,” kata dia.

Fitri menuturkan kegiatan pembagian nasi bungkus ini, sudah berjalan sejak dimulainya vaksinasi di Mapolres Wonosobo, 5 Agustus sampai 13 Agustus 2021. Setiap hari, dirinya bersama dengan teman-teman Putra-putri Purnawirawan Polri, menyediakan nasi bungkus dan diletakan di meja tempat pintu keluar.

Kapolres Wonosobo AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT, menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh putra putri purnawiran polri tersebut. Dia juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada putra-putri Polri, yang telah berempati kepada warga masyarakat. Mudah-mudahan amal ibadahnya  diterima oleh Allah Swt. Semoga kegiatan yang dilakukan oleh PP Polri ini bermanfaat bagi warga masyarakat,“ kata dia.

Sementara itu vaksinasi di halaman parkir belakang Mapolres Wonosobo, Jumat (13/8), diiikuti pula oleh sejumlah warga penyandang disabilitas di Wonosobo.

“Ada beberapa orang disabilitas yang mengikuti vaksinasi tahap pertama di Halaman parkir belakang Mapolres Wonosobo,“ kata Kasiedokkes Polres Wonosobo Bripka Mufa’ik Amd.

Dia mengatakan selama vaksinasi di bulan Agustus ini, sudah puluhan warga penyandang disabilitas yang mengikuti vaksinasi di Mapolres Wonosobo. Selama itu pula tidak ada kendala bagi penyandang disabilitas. Hal itu karena lokasinya mudah dijangkau dan sudah ramah difable.

Meski bergabung dengan masyarakat umum, para penyandang disabilitas itu diutamakan karena jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

“Bagi penyandang disabilitas ini, mereka rata-rata diantar oleh keluarganya atau teman. Jadi mereka tidak datang sendirian. Karena pastinya untuk mengisi data formulir butuh bantuan orang lain.” kata dia.

Selain itu para calon peserta vaksinasi, terutama penyandang disabilitas, harus memahami tentang komorbid atau penyakit penyerta. Informasi mengenai riwayat kesehatan itu, harus disampaikan secara akurat kepada petugas vaksin. Dengan demikian vaksinasi ini bisa aman dan tepat sasaran. (HS-08)

Share This

Peduli Masyarakat Terdampak Covid-19, Japfa Bantu 1.000 Telur dan Ayam

Giliran Polres Blora Beri Bantuan pada Keluarga Pelaku Selebaran Provokatif