Puting Beliung Pagi Ini, Sedikitnya 38 Rumah Di Sendang Dawung Rusak

Kondisi rumah warga di Desa Sendang Dawung, Kecamatan Kangkung, Kendal pasca terjadinya puting beliun, Senin (8/2/2021).

 

HALO KENDAL – Puting beliung yang terjadi dinihari tadi, membuat kepanikan warga di Desa Sendang Dawung, Kecamatan Kangkung, Kendal. Kejadian ini berlangsung sekira pukul 02.00 WIB, Senin (8/2/2021).

“Warga panik, setelah beberapa atap berterbangan karena puting beliung,” terang Sekretaris Desa Sendang Dawung, Budi Ristanto.

Sedikitnya ada 38 rumah yang rusak, rata-rata bagian atap rumah seperti genteng dan asbes.

- Advertisement -

Bahkan, lanjutnya, pohon-pohon di wilayahnya juga tumbang dan menimpa rumah warga. Selain itu, balai desa juga porak poranda dihempas puting beliung.

Budi memaparkan, untuk wilayah yang parah ada di tiga dusun, Dusun Sebeo, Dusun Sendangwetan, s3rta di Dusun Dawung.

“Dusun Sebeo dengan 25 rumah yang rusak. Kemudian Dusun Sendangwetan dengan delapan rumah yang rusak, dan Dusun Dawung dengan lima rumah yang rusak,” ungkap Budi.

Menurut pengakuan warga Desa Sendang Dawung, Muzali (56), puting beliung mengakibatkan pohon di depan rumahnya tumbang. Sebelum tumbang terdengar suara gemuruh angin. Ia bersama keluarga sudah merasa was-was.

“Gemuruh suara angin sangat kencang. Kami sudah merasa was was dan khawatir. Kemudian suara bruk pohon ambruk di depan rumah kami. Alhamdulillah keluarga selamat, cuma genteng rumah hancur semua,” ungkapnya.

Senada diungkapkan, Amrullah (50), dirinya dan keluarga kaget mendengar suara tumbangnya pohon.

Ia yang mendengar suara gemuruh puting beliung langsung berlari keluar melihat keadaan yang terjadi.

“Suaranya keras tadi pagi. Kami semua kaget dan langsung keluar melihat kejadian. Ternyata semua di sini porak poranda kena puting beliung,” jelasnya.

Saat ini pihak Pemerintah Desa Sendang Dawung berkordinasi dengan pihak BPBD, Kepolisian dan TNI setempat. Untuk kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.