in

Puskesmas Guntur 1 Kini Dilengkapi Gedung Rawat Inap dan PONED

Bupati Demak Eisti’anah meresmikan gedung rawat inap dan PONED di puskesmas tersebut, Kamis (02/02/2023). (Foto : demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – Puskesmas Guntur I Kabupaten Demak, saat ini telah dilengkapi dengan gedung rawat inap dan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED), demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Gedung rawat inap dan PONED di puskesmas tersebut, Kamis (02/02/2023) diresmikan Bupati Demak Eisti’anah.

Dalam sambutannya Bupati Eisti menyampaikan, Pembangunan Gedung Rawat Inap dan PONED di Puskesmas Guntur I Kabupaten Demak itu, merupakan upaya dalam rangka peningkatan kualitas pelayan kesehatan bagi masyarakat.

“Saya berharap penambahan gedung baru ini, diimbangi dengan peningkatan pelayanan kepada para pasien. Ini sangat penting, mengingat seiring kemajuan pembangunan, tuntutan pelayanan kesehatan, baik secara kuantitas maupun kualitas terus kita kembangkan,” kata dia, seperti dirilis demakkab.go.id.

Bupati juga menekankan, bahwa fasilitas yang memadai, tanpa adanya SDM yang andal, tidak akan ada artinya.

Maka dari itu, dia berharap agar seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Demak, termasuk jajaran Puskesmas Guntur I, untuk terus meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanannya.

“Saya yakin, jika SDM-nya berkualitas, fasilitasnya pun memadai, dapat dipastikan masyarakat pun akan merasa nyaman berobat ke puskesmas. Derajat kesehatan masyarakat pun otomatis akan meningkat,” kata dia.

Sementara itu, hadir dalam peresmian itu, Wakil Bupati Demak, Ali Makhsun; Sekda Demak, Akhmad Sugiharto; Ka Dinkes Demak, Ali Maimun; Camat Guntur, Ali Mahbub; Kepala Puskesmas Guntur 1, Rokhis Saidah; serta para forkopimcam Guntur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Ali Maimun menjelaskan, pembangunan Gedung Rawat Inap dan PONED Puskesmas Guntur 1, dibiayai anggaran Dana Intensif Daerah (DID) Tahun 2022.

Anggaran ini masuk pada pos kegiatan penyediaan fasilitas untuk upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan kewenangan daerah kabupaten / kota.

Dengan adanya Gedung baru ini, diharapkan pelayanan Kesehatan untuk masyarakat semakin meningkat, terutama untuk kesehatan ibu dan balita, yang merupakan target capaian standar minimal pelayanan kesehatan yang utama.

“Tidak hanya itu, pelayanan penyakit tidak menular yang saat ini menjadi penyebab angka kematian yang tinggi, yaitu hipertensi dan diabetes mellitus, bisa dilakukan pelayanan promotif dan preventif yang semakin baik dan inovatif,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan Peresmian Gedung Baru Rawat Inap dan PONED Puskesmas Guntur 1, ditandai pemotongan tumpeng, penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Demak, didampingi Wakil Bupati Demak, Sekda Demak, Ka Dinkes Demak dan Kepala Puskesmas Guntur 1. (HS-08)

Pemerintah Diminta Konsisten Kembangkan SDM Ukir dan Mebel di Jepara

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Jumat (3/2/2023)