in

Pusing dan Diare setelah Hajatan, Puluhan Warga Gondang Sragen Diduga Alami Keracunan Makanan

Petugas dari Polsek Gondang dan Puskesmas Gondang, mendata warga yang mengalami masalah kesehatan, diduga akibat keracunan makanan. (Foto : humas.polri.go.id)

 

HALO SRAGEN – Warga di Dukuh Tanjang, Desa Tunggul, Kecamatan Gondang Sragen diduga mengalami keracunan makanan secara massal, setelah menyantap makanan pada hajatan sunatan, yang digelar oleh warga, Kamis (11/5/2023).

Kapolsek Gondang, AKP Sudarmaji, mewakili Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama, seperti dirilis humas.polri.go.id, menjelaskan pihaknya telah menerima laporan kejadian dugaan keracunan massal, yang mengakibatkan 41 orang mengalami pusing-pusing serta diare.

Menurut dia, dugaan terjadinya keracunan massal, muncul karena gejala tersebut dialami para korban, setelah mereka menyantap makanan, pada acara hajatan sunatan yang diselenggarakan Agus Suyanto, warga setempat.

Hidangan berupa daging terik, sambel goreng kentang, acar wortel, timun, serta sayur jipang ataui labu siam itu, dimasak oleh Suratih, warga setempat.

Hingga kemarin, korban yang telah dilaporkan ke Mapolsek Gondang sebanyak 41 warga Dukuh Tanjang, Desa Tunggul, Kecamatan Gondang.

Diuraikan Kapolsek, untuk mengatasi masalah itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan tim medis Puskesmas Gondang, dengan membentuk Posko Layanan Kesehatan oleh Puskesmas Gondang, bertempat di Dukuh Tanjang.

Posko tersebut untuk mengantisipasi adanya korban lain yang belum terpantau, dikarenakan tamu undangan bukan hanya dari pedukuhan Tanjang saja, melainkan juga dari luar pedukuhan Tanjang.

Saat ini, tim medis telah mengambil sampel sisa makanan, serta air minum yang disajikan saat hajatan, untuk dilakukan uji laboratorium.

Diperoleh informasi, peristiwa ini bermula saat tuan rumah, Agus Suyanto menggelar acara sunatan anaknya, Kamis (11/5/2023), dengan undangan seluruh warga di Dukuh Tanjang serta kerabat lainnya.

Usai menyantap hidangan, malam harinya, para warga merasa pusing-pusing serta diare.

Pada Kamis malam, warga mulai berdatangan ke bidan setempat, untuk meminta obat.

Peristiwa itu kemudian dilaporkan ke Mapolsek Gondang, hingga diterjunkan tim medis serta pembuatan Posko Kesehatan dikarenakan banyaknya korban. (HS-08)

Iringi Pendaftaran Bacaleg ke KPU, PDIP Gelar Pawai Budaya

Sambut Waisak, 31 Bhante dari Thailand Jalan Kaki Ribuan Kilometer ke Candi Borobudur