in

Puluhan Warga Terpapar Covid-19, Karangsari Kendal Dilockdown

Jalan-jalan masuk ke Kelurahan Karangsari ditutup sementara oleh warga, Selasa (8/6/2021).

 

HALO KENDAL – Puluhan warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, khususnya di wilayah di RT 1, RW 4 di Kelurahan Karangsari, dikabarkan terpapar Covid-19.

Akibatnya Pemerintah Kelurahan setempat memberlakukan lockdown mulai, Selasa (8/6/2021) hingga 14 hari ke depan.

Diduga kuat, mereka terpapar saat melakukan takziah menggunakan bus yang disewa, dan di dalamnya ada salah seorang warga yang sakit flu dan batuk, tanpa menggunakan masker. Akibatnya, seluruh penumpang dalam rombongan tersebut tertular.

Kepala Kelurahan Karangsari, Gatot Tunggul Wulung membenarkan, mulai Selasa (8/6/2021), Karansari dilockdown selama 14 hari ke depan.

“Lockdown ini menyusul setelah diketahui 78 warga yang positif Covid-19. Delapan warga di antaranya tinggal di RT 5 RW 3,” kata Gatot.

Dijelaskan, pihak Satgas PPKM Mikro Kelurahan Karangsari membuka dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan warga.

“Untuk kebutuhan logistik dapur, kami mendapatkan bantuan dari Baznas Kendal,” ujarnya.

Diungkapkan oleh Gatot, awalnya ada warga yang melaporkan ke kelurahan, karena merasa curiga, warga satu kampung merasakan meriang dalam waktu bersamaan.

Kemudian setelah dilakukan tes swab oleh petugas Puskesmas setempat, dua warga dinyatakan positif Covid-19. Keduanya kini dirawat di RS Suwondo dan RS Charly Semarang.

Ditambahkan, awalnya puskesmas melakukan tracing dan tes swab kepada warga yang kontak erat dan hasilnya ada 78 warga yang positif.

“Bagi warga yang positif tanpa gejala melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” imbuh Gatot.

Rencananya, Rabu besok (9/6/2021) akan melakukan tes swab susulan, karena dari 150 warga, masih ada sekitar 40 warga yang belum melakukan swab.

Salah satu warga, Kasanadi mengaku, sudah didatangi petugas kesehatan pada Senin (7/6/2021), untuk melakukan tes swab dan hasilnya diketahui ada beberapa warga yang positif Covid-19.

“Mulai hari ini jalan masuk gang ditutup alias dilockdown. Pengumuman lockdownnya pun dimulai hari ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal, Ferinando RAD Bonay mengatakan, untuk mencegah penularan, pihaknya sudah melakukan rapat dengan Tim Satgas Kabupaten bersama para Camat.

Langkah selanjutnya, Tim Satgas Covid-19 akan melakukan pembatasan kegiatan di masyarakat dan menggiatkan patroli dan sosialisasi protokol kesehatan.

“Nanti akan dilakukan pembatasan kegiatan masyarakat, seperti pemberlakuan jam malam dan patroli mengetatkan protokol kesehatan,” ujarnya.(HS)

Share This

Kepala Satpol PP Kota Semarang Imbau Warga Tunda Acara Hajatan, Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Muncul Klaster Takziah, Pemkab Kendal Gelar Rakor Penanganan Covid-19