in

Puluhan Warga Di Desa Ngareanak, Kendal Positif Covid-19

Foto ilustrasi Covid-19.

 

HALO KENDAL – Puluhan warga di RT 03 RW 05, Desa Ngareanak, Kecamatan Singorojo, dikabarkan harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing setelah dinyatakan positif Covid-19, Jumat (28/5/2021).

Satgas PPKM melakukan penyemprotan di rumah-rumah warga dan tempat ibadah. Semua aktivitas keluar masuk ke perkampungan dibatasi dan dipantau ketat.

Ketua RT 03 RW 05, Slamet mengatakan, pertama diketahui ada satu warga positif Covid-19, ketika berobat di Puskesmas setempat.

“Petugas langsung melakukan tes cepat antigen, dengan hasil positif Covid-19, sehingga gugus tugas setempat melakukan penelusuran dan ditemukan 26 orang warga yang terpapar,” kata Slamet, Sabtu (29/5/2021).

Untuk itu, pihaknya langsung melakukan isolasi terhadap warga, di mana aktivitas warga juga dibatasi, termasuk akses keluar masuk perkampungan ditutup.

Pemerintah desa, kecamatan, dan Kabupaten Kendal juga sudah proaktif memberikan arahan dan bantuan kepada warganya yang kini menjalani isolasi mandiri.

“Ini sebagai upaya memutus rantai penularan dan puluhan warga yang terpapar menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dan tidak diperbolehkan berkerumun. Sehingga lingkungan tetap kondusif,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ngareanak, Agung Widjojo mengatakan, Satgas PPKM Mikro sudah melakukan pendataan kepada warga yang positif Covid-19 dengan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Setelah ditetapkan sebagai klaster penyebaran Covid-19, pemerintah desa juga memberikan edukasi. Satgas Jogo Tonggo diaktifkan kembali dengan memberikan sembako kepada warga yang melakukan isolasi mandiri,” terang Agung.

Bahkan Satgas juga sudah memberikan tanda di depan rumah warga yang isolasi mandiri untuk memudahkan pendataan.

Selain itu, pihaknya melalui Satgas Jogo Tonggo juga mengirimkan sembako kepada warga yang isolasi mandiri dan Puskesmas Singorojo memberikan obat-obatan dan vitamin kepada warga.

“Rumah yang untuk isolasi mandiri kami tempeli stiker, kemudian Satgas Jogo Tonggo menjamin kebutuhan logistik dan dari Puskesmas memberikan obat-obatan dan vitamin,” pungkas Kades Ngareanak.(HS)

Viral Video Seorang Perempuan Dan Balita Ditendang Berakhir Damai

Gitaris Slank Jadi Komisaris PT Telkom