in

Puluhan Siswa Postif Korona, Bupati Purbalingga Akan Berlakukan SOP PTM Lebih Ketat

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, saat meninjau SMPN 4 Mrebet. (Foto : Purbalinggakab.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyatakan akan membuat Standard Operational Procedure (SOP) yang lebih ketat, dalam pelaksanaan pemebelajaran tatap muka (PTM) di wilayahnya.

Pernyataan Bupati Tiwi tersebut disampaikan berkaitan dengan temuan, adanya puluhan siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19, menjalang pelaksanaan PTM di wilayahnya. Dengan adanya lonjakan kasus tersebut, Bupati menegaskan telah menunda pelaksanaan PTM, sampai ada evaluasi lebih lanjut.

“Kami akan membuat SOP (Standard Operational Procedure) yang lebih rigid lagi terkait pelaksanaan PTM,” lanjutnya..

Sebelumnya, dalam rangka penyelenggaraan PTM, digelar rapid test antigen kepada sekitar 300 siswa SMP N 4 Mrebet. Ternyata dari hasil rapid test tersebut, sebanyak 90 di antaranya menunjukkan hasil positif.

“Kami mendapatkan informasi SMPN 4 Mrebet akan dilakukan persiapan PTM yang didahului dengan vaksinasi dan rapid test antigen pada seluruh siswa. Berdasarkan informasi yang diterima dari 300-an siswa, ternyata 90 diantaranya terkonfirmasi positif,” kata Bupati.

Dengan adanya hasil tes tersebut, Pemkab Purbalingga kemudian mengambil kebijakan untuk menunda PTM. Para siswa yang postif, juga langsung menjalani isolasi terpusat di sekolah itu.

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purbalingga pun, kemudian menyiapkan sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan di lokasi itu.

“Sebagian besar mereka hanya orang tanpa gejala (OTG). Karena ini baru dilakukan rapid test antigen dengan akurasi 90%, jadi untuk memastikan setelah ini dari Dinkes akan melakukan tes PCR kepada 90 siswa. Jadi nanti yang betul-betul dari hasil tes PCR positif itu, yang melakukan isolasi terpusat,” kata Bupati.

Kepada orang tua atau wali dari 90 siswa ini, Bupati meminta untuk tenang, karena anak-anak mereka tetap dalam pantauan ketat dari tim kesehatan dan mendapatkan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai.

Setelah hasil test PCR keluar, akan dilakukan tracing terhadap mereka yang kontak erat dengan siswa yang positif. (HS-08)

Share This

200 Warga Ngerjo Ringinarum Mengikuti Vaksinasi

Polres Purbalingga Dirikan Dapur Umum Bantu Makanan Bagi Siswa Isolasi Terpusat