in

Puluhan Pramuka dan Masyarakat di Banyumas Ikuti Donor Darah Hari Pramuka

Anggota Pramuka dan masyarakat, mengikuti donor darah dalam rangka Hari Pramuka. Kegiatan yang dilaksanakan seusai upacara hari Pramuka, Sabtu (14/8) di Sanggar Bakti tersebut, bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banyumas. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Puluhan anggota Pramuka dan masyarakat, mengikuti kegiatan donor darah dalam rangka Bulan Bakti Hari Pramuka ke-60, tingkat Kwarcab Banyumas. Kegiatan yang dilaksanakan seusai upacara hari Pramuka Sabtu (14/8) di Sanggar Bakti tersebut, bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banyumas.

Sekretaris Bidang Abdimas, Heriana Ady Candra, mengatakan kegiatan merupakan rangkaian bulan bakti Pramuka Banyumas, diikuti anggota pramuka dewasa, antara lain pembina, anggota pramuka peduli, pramuka penegak pandega, juga mendapat respon dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Menurutnya kegiatan tersebut juga salah satu aksi dari kegiatan Pramuka Peduli.

“Donor darah dilakukan sebagai rangkaian Bulan Bakti Pramuka Banyumas pada Peringatan Hari Pramuka ke 60 bekerja sama dengan PMI Kabupaten Banyumas. Semula kami menargetkan 50 peserta, namun dengan rasa kemanusiaan, kepedulian dan keikhlasan, Alhamdulilah banyak antusias Pengurus Pramuka, khususnya anggota Pramuka peduli dan masyarakat, sehingga hadir sekitar 98 orang, namun yang lolos screening sebanyak 66 orang yang bisa diambil darahnya,” kata dia, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Adi Candra menambahkan kegiatan donor darah oleh Kwarcab Banyumas merupakan kegiatan rutin dengan tujuan utama sdalah membantu PMI dalam penyediaan stok darah sekaligus menggugah empati kepada anggota Pramuka dan masyarakat ikut aksi kemanusiaan. Mengingat di Banyumas setiap harinya dibutuhkan sekitar 200 kantong darah.

“Selain donor darah, kegiatan bulan bakti Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas ada juga pembagian nasi kotak untuk para Isoman dan warga terdampak Covid-19 yang dilakukan sejak 17 Juli hingga sekarang kerja sama dengan PKK dan ASN, kemudian gerakkan kebersihan ditempat umum termasuk makam pahlawan, penyemprotan desinfektan ditempat umum dan sesuai permintaan dan juga membantu pelaksanaan vaksinasi,” tambah Adi Caandra

Salah satu peserta Yudi Budianto salah satu andalan di Bidang Humas mengaku mengikuti donor darah yang digelar Kwarcab Banyumas untuk yang kedua belas kalinya.

“Saya baru kedua belas kalinya, termotivasi karena ingin membantu sesama yang membutuhkan darah. Dan ingin mendonorkan darah sebab setetes darah kita bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata dia. (HS-08)

Share This

Saham Bank Mandiri Makin Prospektif

Serahkan Kembali Mahasiswa KKN Relawan Covid-19, Bupati Banyumas : Disayangkan Hanya Sebulan