in

Puluhan Pemulung Dievakuasi Setelah Terjebak Asap Tebal Kebakaran TPA Jatibarang

Para pemulung yang dievakuasi setelah sempat terjebak asap tebal kebakaran di zona aktif Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang Kota Semarang pada Jumat (6/10/2023).

HALO SEMARANG – Puluhan pemulung dievakuasi karena sempat terjebak asap tebal akibat dampak dari kebakaran di zona aktif Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang Kota Semarang pada Jumat (6/10/2023).

Ada 51 orang yang berhasil diselamatkan oleh Tim Gabungan yang terdiri dari Damkar, Brimob, PMI, Dishub dan Relawan. Puluhan orang ini terjebak di permukiman pemulung yang ada di dekat Bendungan PDAM kawasan TPA Jatibarang.

Salah satu pemulung yang berhasil dievakuasi, Ponidi mengatakan, warga yang terjebak asap kemudian menyelamatkan diri di PDAM. Ia dan warga lainnya di sana menunggu untuk diselamatkan.

“Ada asap lari semua, mau lari keluar tapi ndak bisa karena asap sudah tebal lalu gelap. Ada 50-an orang satu grup,” ujarnya saat dievakuasi di Kampung Joko Prono, Gunungpati.

Dirinya mengakui jika selama kebakaran TPA Jatibarang yang terjadi Jumat (6/10/2023) ia dan para warga lainnya terjebak selama kurang lebih lima jam. “Ya hampir lima jam. Memang selama ini mengais rejeki dengan memilah sampah di sana,” jelasnya.

Sementara itu, petugas evakuator dari Dishub Kota Semarang, Beno Rianto mengatakan, petugas mengalami kendala selama proses evakuasi. Kendala yang dialami yakni beberapa pemulung enggan dievakuasi karena takut ada kendaraan motor dan mobil pikap milik mereka yang hilang.

“Kita sudah imbau di titik aman. Mereka tidak mau dievakuasi karena takut kendaraannya hilang,” imbuhnya.

Sedangkan beberapa warga yang berkenan dievakuasi kemudian dibawa ke rumah warga yang berada di Kampung Joko Prono RT 3 RW 6. Sedangkan para evakuator tidak berani melanjutkan proses evakuasi karena asap semakin menggumpal.(HS)

Seimbangkan Agama dan Budaya, Tujuan Didirikannya ‘Ndalem Wongsorogo’ di Brangsong Kendal

Akibat Menolak Dievakuasi karena Takut Motornya Hilang, 15 Pemulung Terjebak Asap Tebal Kebakaran TPA Jatibarang