in

Puluhan Klub Amatir Ikuti Liga Akurat Zulhas Cup 2023

Jumpa pers Liga Akurat Zulhas Cup 2023 di Valle Pizza E Resto, Selasa (24/2/2023).

HALO SEMARANG – Liga Akurat Zulhas Cup 2023 dengan total hadiah Rp 94 juta akan digelar mulai dari 25 Februari hingga 4 Maret 2023. Turnamen sepak bola ini digagas Akurat.co dan Tokoh Nasional yang saat ini menjabat Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.

Puluhan tim dari empat wilayah yaitu Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, dan Kendal bakal meramaikan turnamen. Wakil Pemimpin Redaksi Akurat.co, Aldi Gultom mengatakan, Liga Akurat Zulhas Cup 2023 merupakan liga sepak bola antar-kecamatan (tarkam) yang diselenggarakan Akurat.co bekerja sama dengan Menteri Perdagangan.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk perhatian pengembangan sepak bola untuk mempererat silaturahmi antarklub, sekaligus mencari bibit atau atlet berpotensi di empat wilayah tersebut.

“Liga Akurat Zulhas 2023 nantinya juga akan menyuguhkan panggung kesenian dan gebyar UMKM. Akurat.co sebagai salah satu media digital selain memberikan informasi, juga terus berinovasi menyelenggarakan event yang berdampak positif bagi masyarakat,” ujarnya saat jumpa pers di Valle Pizza E Resto, Kota Semarang, Selasa (24/2/2023).

Dia menambahkan, nantinya pada acara penutupan atau partai puncak akan diramaikan panggung hiburan. Artis ternama Ndarboy Genk sudah dipastikan menghibur masyarakat dan para pencinta bola yang menonton Liga Akurat.

“Akurat.co peduli pada dunia olahraga nasional, wujud konkretnya adalah membuat program Liga Akurat. Liga Akurat tentu saja bukan hanya sepak bola, tapi cabang olahraga lain,” katanya.

Lebih lanjut Akurat.co menyorot perkembangan yang dinamis dari ranah sepak bola tanah air, sehingga sepak bola menjadi cabor pertama yang diprioritaskan. Tanpa disangka-sangka program Liga Akurat disambut baik oleh Zulkifli Hasan yang merupakan tokoh politik nasional.

“Bang Zul (Zulkifli Hasan-red) menjadi figur publik pertama yang konkret memberikan dukungan dan bersedia mensuport Akurat dalam penyelenggaraan liga. Sangat terbuka kemungkinan Akurat akan bekerja sama dengan tokoh atau instansi publik atau swasta lain yang sehati sepikir dalam upaya membangun dunia olahraga nasional,” jelasnya.

Juru bicara Sport Organizer Liga Akurat Zulhascup 2023, Brian Tegar memaparkan, pertandingan akan berlangsung dengan sistem gugur. Masing-masing wilayah akan diramaikan maksimal 16 tim.

Dia menambahkan, setiap tim boleh menggunakan marque player pemain Liga 2 dan Liga 3. Adapun hadiah yang disediakan panitia rinciannya untuk tiap wilayah juara Rp 5 juta, runner-up Rp. 3 juta serta peringkat ketiga dan empat masing-masing mendapatkan Rp 1,5 juta.

“Tiap-tiap juara di masing-masing wilayah berhak maju ke babak final four. Juara grand final berhak mendapatkan uang pembinaan Rp 25 juta, runner-up Rp 15 juta sementara untuk peringkat ketiga dan keempat mendapatkan Rp 5 juta,” bebernya.

Sementara itu salah satu pemain Liga 2, Johan Yoga yang hadir dalam jumpa pers tersebut berharap inisiasi positif ini bisa berkelanjutan dan terus dilakukan. Dirinya juga mengharapkan muncul bibit unggul pada turnamen ini.

“Kita tahu bahwa sepak bola merupakan salah satu olahraga yang menyatukan seluruh warga dari berbagai kalangan dan usia. Saya juga berharap kompetisi dapat berjalan lancar dan semua tim yang berlaga nantinya bisa tampil secara sportif. Siapa tahu ada pemain-pemain yang bisa masuk ke kompetisi profesional nantinya dari pagelaran Liga Akurat ini,” paparnua.

“Kalau untuk sepak bola Indonesia, harapan saya adalah Indonesia dapat membangun fondasi yang kuat untuk ke depannya. Saya berharap nantinya akan ada sinergi yang lebih baik dari seluruh pelaku di industri sepak bola tanah air, mulai dari pemerintah hingga ke pemain. Semoga tidak ada lagi isu-isu negatif lainnya yang dapat merugikan image sepak bola di tanah air,” imbuhnya.(HS)

Hanya Ikut-Ikutan, Alasan Para Pelaku Penyerangan di Pasar Dargo Semarang

Sambut HBI ke-73, Imigrasi Semarang Gelar Upacara Tabur Bunga