Pulihkan Ekonomi Setelah Pandemi, Pemkot Semarang Andalkan Sektor Pariwisata

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat bermain dengan gajah koleksi Semarang Zoo, Senin (27/7/2020).

 

HALO SEMARANG – Pemkot Semarang akan mengandalkan sektor pariwisata untuk pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19.

Hal itu dikarenakan, sektor pariwisata di Kota Semarang dinilai bisa menjadi salah satu ujung tombak pemulihan ekonomi masyarakat.

Sejumlah destinasi wisata di Kota Atlas kini sudah kembali dibuka.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yakin, dibukanya sektor pariwisata secara lambat laun bisa menggerakkan aktivitas ekonomi. Pihaknya akan selalu mengatur ritme gas dan rem.

Artinya, akan tetap berhati-hati dalam melakukan pemulihan ekonomi karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Gas artinya bisa meningkatkan ekonomi. Remnya hati-hati karena masih Covid. Pariwisata harus segera buka lagi karena yang terlibat banyak, pegawainya, pemiliknya, orang-orang yang ingin refreshing, dan sumber daya lain. Kami pelan-pelan membuka gas tersebut didukung Kemenparekraf dan DPR RI,” terang Hendi, Senin (27/7/2020).

Pemerintah Kota Semarang bersama Kemenparekraf menata pariwisata agar bersih, sehat, indah, dan aman. Ada beberapa tempat wisata yang telah dilakukan pembersihan antara lain Goa Kreo, Kota Lama, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dan Semarang Zoo.

Pemkot juga baru saja meluncurkan aplikasi Lunpia. Ini menjadi bagian dari inovasi untuk menghidupkan kembali pariwisata.

Aplikasi ini akan memudahkan wisatawan saat melancong di Kota Semarang.

Tak hanya memberi kemudahan bagi wisatawan, Pemkot Semarang juga bekerja sama dengan PT Angkasa Pura untuk melakukan promosi pariwisata. Dengan kerja sama ini, diharapkan bisa membangkitkan pariwisata yang selama ini mati akibat pandemi.

“Mou dengan Angkasa Pura, kami dipersilakan melakukan promo di bandara. Kami berterima kasih mudah-mudahan sektor wisata segera bangkit,” ucapnya.

Selama pandemi Covid-19, Hendi menegaskan, tidak menargetkan jumlah wisatawan. Dia ingin pariwisata Semarang bisa menjadi pariwisata yang sehat dan aman.

Sementara Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti berharap, Kota Semarang memiliki potensi pariwisata yang luar biasa.

Dia meminta, pemkot benar-benar dapat mengemas pariwisata agar dapat membangkitkan perekonomian tentu dengan protokol Covid-19 yang ketat.

Dia juga mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemkot Semarang untuk kemajuan pariwisatanya.

“Aplikasi Lunpia ini luar biasa. Orang tidak perlu bingung tinggal buka aplikasi Lunpia, tahu semua destinasi wisata Kota Semarang,” ujarnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.