in

PTM Menjadi Perhatian, Peran Ibu Dibutuhkan untuk Memutus Mata Rantai Covid-19

Ketua Badan Kerja sama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Tengah (Jateng), Nawal Arafah Yasin.

 

HALO SEMARANG – Ibu memiliki peranan penting dalam menjaga anak pada masa pandemi seperti saat ini. Ungkapan itu disampaikan Ketua Badan Kerja sama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Tengah (Jateng), Nawal Arafah Yasin.

“Peran ibu sangat penting, terutama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan pencegahan (pada anak-anak) agar pelaksanaan PTM dapat terlaksana dengan baik,” katanya saat diskusi virtual dengan Radio RRI bertajuk “Peran Ibu dalam Mendampingi Anak dalam Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi”, Jumat (24/9/2021).

Dalam diskusi itu, pembelajaran tatap muka (PTM) menjadi bagian penting yang menjadi sorotannya. Ning Nawal sapaan akrabnya, memberikan tips mencegah anak-anak agar terhindar dari Covid-19 ketika hendak melakukan pembelajaran tatap muka.

“Beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh para ibu sebelum putra-putrinya berangkat sekolah, antara lain menyiapkan masker, hand sanitizer, peralatan sekolah supaya tidak berbagi atau meminjam alat tulis siswa lain,” ujarnya.

Terlebih yang tak kalah penting menjadi perhatian istri orang nomor dua se-Jawa Tengah ini, yaitu perlengkapan anak-anak saat melakukan aktivitas di luar pantauan para ibu, seperti sedang di sekolah.

“Selain itu juga ada perlengkapan salat, tisu basah/kering, vitamin, peralatan makan atau bekal makanan maupun minuman sendiri, sehingga anak-anak tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menghindari interaksi atau kerumunan di kantin sekolah yang berpotensi terjadi saat jam istirahat,” tambahnya.

Dengan begitu, menurutnya para orang tua menjadi tidak mudah resah ketika anak-anaknya melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolahnya.

“Karena PTM ini untuk menambah pengetahuan terkait fungsi sekolah di samping untuk mencari ilmu, seperti tempat anak bersosialisasi, belajar menghormati aturan, berorganisasi, tempat anak belajar mini kehidupan di masa yang akan datang,” paparnya.(HS)

Share This

Sembilan Mahasiswa USM Berlaga di PON XX Papua, Optimistis Raih Medali

Dua Calon Bersaing Jadi Ketua PBSI Kabupaten Kendal