PT Pertamina Tetap Berkomitmen Ikut Bangun Cilacap

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Syamsul Auliya mengikuti rapat membahas Penyusunan Rencana Strategis 2021-2025, tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) Pertamina, dari Ruang Prasanda Pendopo Kabupaten Cilacap. (Foto : Cilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP – PT Pertamina RU IV Cilacap akan melanjutkan kontribusi membangun Cilacap, bersama Pemkab dan para stakeholder terkait.

Komitmen tersebut disampaikan Senior Manager Operation and Manufacturing (SMOM) Pertamina, Didik Subagyo, dalam rapat via zoom dengan Pemkab dan stakeholder.

Rapat membahas Penyusunan Rencana Strategis 2021-2025, tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) Pertamina tersebut, juga diikuti Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Syamsul Auliya, Asisten Sekda, dan jajarannya dari Ruang Prasanda Pendopo Kabupaten Cilacap.

Lebih lanjut Didik Subagyo mengatakan, Renstra TJSL ini bertujuan untuk menampung aspirasi stakeholder. “Kami berharap pelaksanaan program TJSL 5 tahun ke depan dapat berjalan sesuai dengan potensi dan permasalahan yang ada di masyarakat,” ujar Didik, seperti dirilis Cilacapkab.go.id.

Lebih lanjut dia mengemukakan rapat ini membahas mengenai kegiatan TJSL atau Tanggung Jawab Sosial Lingkungan atau bisa disebut juga CSR (Corporate Social Responsibility), yang sudah berjalan dalam membantu pembardayaan masyarakat di lingkungan kabupaten Cilacap.

Kegiatan TJSL Pertamina memiliki 5 Pilar yaitu Cerdas, Sehat, Hijau, Berdikari, dan PKBL (Pembinaan Usaha Kecil dan Menengah Pemberdayaan Lingkungan).

Pilar itu mencangkup kegiatan Pendidikan, Kesehatan seperti pembuatan kampung KB dan Kampung Sehati, lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan infrastruktur.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, dalam sambutannya mengusulkan untuk melanjutkan program Renovasi RTLH atau Rumah Tidak Layak Huni untuk masyarakat kurang mampu.

“Pertamina tidak hanya membangun rumah, tapi juga memberi tempat usaha, masyarakat dimodali sehingga mereka bisa bekerja dan berdagang.” Jelas Tatto.

Selain RTLH, Bupati juga mengusulkan untuk membantu UMKM dan masyarakat yang memiliki talenta, serta pemberian beasiswa kepada siswa pintar yang kurang mampu.

“Di masa pandemic ini, keterampilan membuat makanan, berdagang, bertukang, bertani, dan lain lain merupakan salah satu tulang punggung perekonomian. Dengan melakukan itu semua mereka bisa bertahan hidup di masa pandemi ini.” tambahnya.

Untuk infrastruktur, Bupati mengusulkan untuk merenovasi Tugu Lilin yang sudah menjadi icon Kabupaten Cilacap dan Pertamina, serta pembuatan taman Pertamina di Jalan Dr Soetomo yang lahannya sudah tersedia. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.