PSSI dan AFC Mulai Bahas Bergulurnya Kompetisi di Tengah Pandemi

Foto ilustrasi laga Arema FC vs PSIS di Liga 1 2020.

 

HALO SEMARANG – PSSI melakukan rapat secara virtual pada hari Kamis dan Jumat (25-26/6/2020) bersama Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) dengan seluruh negara anggotanya.

Dilansir web resmi PSSI, rapat tersebut dipimpin oleh Sekretaris Jenderal AFC, Dato Windsor John dan membahas bagaimana setiap federasi menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia.

Pada rapat virtual ini PSSI diwakili oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal (Plt Sekjen), Yunus Nusi dan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen), Maaike Ira Puspita.

“Rapat tersebut, seluruh federasi di bawah naungan AFC diwakili oleh masing-masing Sekjennya. Banyak hal yang disampaikan dalam rapat tersebut. Seperti kompetisi, finansial, organisasi, hubungan klub dengan federasi dan hubungan pemain dengan klub disampaikan di sana,” kata Yunus Nusi.

“Tentu pada rapat virtual ini menjadi penyemangat bagi federasi, khususnya PSSI bahwa AFC memberikan kelonggaran serta dukungan kepada semua federasi di tengah-tengah pandemi Covid-19. Hal ini untuk selalu melakukan pekerjaan-pekerjaan penting dalam rangka menghidupkan sepak bola di negara masing-masing,” kata Yunus Nusi.

AFC pun mengapresiasi kepada beberapa negara yang telah memutuskan dan menetapkan adanya kelanjutan kompetisi. Tetapi tentu AFC sangat berharap bahwa kesehatan juga lebih penting dari pada sepak bola.

“Maka AFC meminta kita untuk selalu patuh terhadap protokol kesehatan yang ada dari masing-masing negara. Serta diminta untuk selalu berkoordinasi terus menerus dengan AFC, lalu federasi dengan klub. Klub dengan pemain agar terjadi hubungan yang baik, dan tidak terjadi hal-hal yang menyangkut masalah hukum di kemudian hari,” tambah Yunus.

Seperti diketahui, PSSI melalui rapat Komite Eksekutif (Exco) telah memutuskan bahwa kompetisi Liga 1 dan 2 2020 akan dilanjutkan pada bulan September atau Oktober mendatang.

Sebelumnya kompetisi Liga 1 dan 2 2020 terpaksa dihentikan PSSI pada pertengahan Maret lalu karena pandemi Covid-19.

“Pada saat rapat virtual tersebut, PSSI menyampaikan hal yang sama dengan federasi lain. Saat ini PSSI sangat terdampak dengan situasi pandemi Covid-19. Kami juga berkirim surat kepada AFC tentang skenario kompetisi lanjutan yang dilaksanakan oleh PSSI, terkait promosi degradasi. Kemudian dengan sistem kompetisinya. Semua telah kami sampaikan, dan nantinya setiap departemen-departemen terkait yang ada di AFC akan mempelajarinya,” tambah Yunus.

“AFC meminta agar setiap federasi selalu memperhatikan protokol kesehatan bila melakukan kegiatan atau lanjutan kompetisi dalam rangka untuk mengatasi pandemi Covid-19 ini. AFC juga berpesan melakukan yang terbaik untuk sepak bola di setiap federasi. Terus lakukan koordinasi dengan FIFA atau AFC terkait aturan atau regulasi kompetisi, kami optimistis AFC memberikan kelonggaran untuk itu,” tukas pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.