in

PSIS Sukses Raih Tiga Poin Penting dari Bogor

Komarudin melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang PS TIra Persikabo (foto dokumen Instagram @psisfcofficial).

 

HALO SEMARANG – PSIS meraih kemenangan penting saat menundukkan tuan rumah PS Tira Persikabo dengan skor 1-2 dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (22/11/2019). Dua gol PSIS dilesakkan Wallece Costa pada menit 29 dan Komarudin pada menit 52. Sementara satu gol balasan tuan rumah dicetak oleh striker asingnya, Ciro Alves pada menit ke 31.

Atas raihan tiga poin penting ini, meski tetap menduduki peringkat 13 klasemen sementara, PSIS semakin mengamankan posisinya untuk menghindari zona degradasi.

Anak asuhan Bambang Nurdiansyah kini mengoleksi 34 poin, dari 28 laga yang telah dilakoni. Poin ini semakin berjarak jauh dengan poin yang dimiliki Kalteng Putra yang menghuni dasar klasemen sementara dengan 26 poin, serta Semen Padang yang ada di posisi 16 dengan 27 poin.

Dalam laga lawan PS Tira Persikabo, meski bertindak sebagai tim tamu skuad PSIS berani menampilkan permainan menyerang sejak menit awal babak pertama.

Meski laga berlangsung dengan tempo sedang, kartu kuning mulai keluar dari wasit sejak menit ke-3 untuk gelandang PSIS, Heru Setyawan. Heru yang diplot sebagai gelandang bertahan, harus diganjar kartu kuning karena dinilai melanggar Roni Sugeng. Selang beberapa menit kemudian, kubu tuan rumah harus menarik keluar Roni Sugeng yang mengalami cedera pada bagian mata, dan digantikan Osas Marvelous Saha. Pada menit-menit awal ini, kedua tim silih berganti melakukan penyerangan. Beberapa peluang tercipta dari kedua kubu.

Gol terjadi di menit ke-29 untuk keunggulan PSIS, setelah Wallace Costa sukses mengeksekusi penalti. Hadiah penalti diberikan oleh wasit kepada PSIS, setelah bek PS Tira Persikabo, Abduh Lestaluhu hands ball di dalam kotak penalti. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan PSIS.

Tertinggal, kubu tuan rumah berusaha untuk menyamakan kedudukan dengan melakukan serangan melalui sisi sayap. Hasilnya pun tidak mengecewakan. Melalui serangan dari sisi sayap, PS Tira mampu menyamakan skor pada menit ke-31 melalui Ciro Alves.

Pemain asal Brasil ini sukses memanfaatkan umpan tarik yang diberikan Abduh Lestaluhu untuk menjebol gawang PSIS yang dikawal Jandia Eka Putra. Skor pun berubah menjadi 1-1.
Meski kedua tim berusaha tampil menyerang, namun skor 1-1 bertahan hingga wasit mengakhiri babak pertama.

Pada babak kedua, PSIS lebih banyak ditekan oleh kubu tuan rumah. Tim asal Semarang ini lebih banyak memanfaatkan serangan balik cepat untuk membongkar pertahanan lawannya. Hasilnya pun memuaskan. Pada menit 52, melalui skema tendangan sudut, Hari Nur Yulianto memberikan umpan melalui sundulan yang jatuh tepat di kaki Komarudin yang ada di depan gawang PS Tira. Pemain bernomor punggung 10 ini pun tak menyiakan kesempatan, dengan menendang keras bola ke gawang PS Tira. Skor pun berubah untuk keunggulan tim tamu, PSIS menjadi 1-2.

Pada pertengahan babak kedua, tim tuan rumah berusaha membombardir pertahanan PSIS. Namun kokohnya pertahanan PSIS yang dikawal Rio Saputro dan Wallece Costa tak mampu ditembus Ciro Alves dan kawan-kawan. Meski PS Tira beberapa kali memiliki peluang emas di depan gawang PSIS, namun hingga wasit meniup peluit panjang akhir babak kedua, skor tetap bertahan 1-2 untuk kemenangan PSIS.(HS)

Ekspor Hasil Perikanan Jateng Tembus Rp 2,4 Triliun

Pacu Siswa Tertantang dalam Pembelajaran, Guru Diajak Terapkan Program “MIKIR”