in

PSIS Gagal Raih Poin Di Laga Terakhir Putaran Pertama

Pemain PSIS, Jonathan Cantillana berebut bola dengan pemain Persipura di laga terakhir putaran pertama Liga 1 2021, di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (11/12/2021) malam WIB.

HALO SEMARANG – PSIS gagal meraih poin di laga terakhir putaran pertama Liga 1 2021, setelah dikalahkan Persipura Jayapura 2-1 pada laga pekan ke-17 Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (11/12/2021) malam. Sempat unggul 0-1 melalui gol Aqsha Saniskara Prawira pada menit ke-43, PSIS harus mengakui keunggulan tim lawan berkat gol Yohanes Pahabol (54′) dan Gunansar Mandowen (70′).

Kekalahan dari Persipura merupakan kekalahan keempat PSIS di setengah musim Liga 1 2021. Hasil ini juga membuat PSIS tertahan di peringkat keenam klasemen Liga 1 dengan koleksi 27 poin.

Sementara bagi Persipura, ini merupakan kemenangan ketiga di Liga 1 2021-2022. Kemenangan tersebut sangat penting untuk keluar dari zona degradasi. Persipura saat ini masih tertahan di zona degradasi tepatnya peringkat ke-16 dengan koleksi 13 poin dari 17 laga.

Pada babak pertama, Persipura tampil mendominasi dengan persentase pengusaan bola mencapai 59 persen. Namun, Persipura masih belum berhasil mencetak gol meskipun sudah melepaskan total 11 tembakan ke arah gawang. Di sisi lain, PSIS yang tertekan sejak awal justru berhasil mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-43 lewat aksi Aqsha Saniskara Prawira.

Menerima umpan terobosan lambung Septian David Maulana, Aqsha yang berlari dari lini kedua berhasil lolos dari jebakan offside dan masuk ke kotak penalti.

Aqsha sebenarnya memiliki kesempatan untuk mengontrol bola. Namun, pemain muda PSIS tersebut lebih memilih menyundul bola setelah melihat kiper Persipura, Fitrul Dwi, keluar dari sarangnya. Keputusan Aqsha terbukti tepat karena bola sundulannya melambung jatuh masuk ke gawang setelah melewati Fitrul Dwi. Skor 1-0 untuk keunggulan PSIS bertahan hingga akhir babak pertama.

Pada babak kedua, Persipura kembali mengambil inisiatif menyerang dengan pressing ketat. Upaya Persipura akhirnya berbuah hasil pada menit ke-54 berkat gol Yohannes Ferdinando Pahabol.

Menerima umpan terobosan Gunansar Mandowen, Yohannes Pahabol yang membuka ruang di sisi kanan pertahanan PSIS berhasil masuk ke dalam kotak penalti.

Dalam tayangan ulang, Yohannes Pahabol terlihat dalam posisi offside, namun wasit tidak meniup peluit. Mendapatkan ruang tembak yang lebar, Yohannes Pahabol langsung melepaskan tembakan keras mendatar kaki kanan. Tembakan Yohannes Pahabol itu meluncur deras masuk ke gawang PSIS yang dijaga Jandia Eka Putra.

Tepat pada menit ke-62, Yevhen Bokhashvili nyaris mengantar Persipura berbalik unggul, sayang tendangannya melebar. Usaha Persipura untuk berbalik unggul akhirnya berhasil pada menit ke-71, berkat aksi individu Gunansar Mandowen.

Menerima umpan terobosan Yevhen dari lini tengah, Gunansar Mandowen langsung melakukan akselerasi ke kotak penalti PSIS. Gunansar Mandowen kemudian melepaskan tendangan keras yang meluncur ke sisi kanan atas gawang PSIS.

Setelah berhasil berbalik unggul, Persipura memilih menurunkan tempo permainan. Di sisi lain, PSIS mulai mengambil alih kendali permainan sejak menit ke-75.

Meski terus berusaha menggempur pertahanan Persipura, PSIS tetap tidak berhasil mencetak gol penyeimbang. Skor 2-1 untuk keunggulan Persipura bertahan hingga akhir pertandingan.(HS)

Negara Perlu Hadir Lindungi Perempuan dengan Instrumen Perlindungan Maksimal

Penentuan Raja Kelas Ringan