in

PSIS Dukung Pemakaian VAR di Liga 1 2019

Dokumen foto penggunaan VAR dalam kompetisi sepakbola Eropa.

 

HALO SEMARANG – Wacana dan usulan agar kompetisi tanah air Liga 1 2019 memakai teknologi Video Assistant Referee (VAR) mendapatkan dukungan dari tim peserta Liga 1, PSIS. CEO PSIS, Yoyok Sukawi mengatakan, penggunaan VAR untuk Liga 1 sudah sangat diperlukan.

“Pastinya dengan penggunaan VAR, kinerja wasit akan lebih terbantu. Tidak akan lagi ada protes-protes yang menimbulkan gesekan. Saya rasa teknologi itu perlu dijalankan di sepak bola kita,” ujarnya, Selasa (19/3/2019).

Yoyok menambahkan, penggunaan VAR juga sebagai langkah memperbaiki citra sepak bola Indonesia. Diharapkan jalannya kompetisi nanti akan lebih bersih dan fair.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Komite Kompetisi PSSI, Yunus Nusi, yang memberikan rekomendasi kepada operator kompetisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait penggunakan VAR.

“Bahkan tidak hanya untuk Liga 1 saja, VAR nanti juga bisa untuk Liga 2. Federasi sangat mendukung penggunaan teknologi itu di kompetisi,” ujarnya, Selasa (19/3/2019).

Yunus memaparkan, VAR memang sudah saatnya diterapkan di kompetisi sepak bola Indonesia. Terlebih, penggunaan teknologi ini diharapkan bisa membuat jalannya pertandingan lebih adil karena akan membantu tugas dan kinerja wasit dalam pengambilan keputusan.

VAR sendiri saat ini banyak digunakan dalam kompetisi sepak bola Eropa seperti Liga Champions. Namun sejumlah kompetisi di tingkat Asia Tenggara juga berencana menerapkan sistem itu, seperti di Liga Vietnam.(HS)

IMI Pusat Pastikan MXGP Semarang Tetap Digelar, IMI Jateng Masih Pertanyakan LPJ 2018

Ingin Kunjungan Wisatawan Asing Meningkat, Hendi Siap Giatkan Promosi ke Luar Negeri