in

PSIS Bungkam Madura United 3-0

Laga PSIS vs Madura United pada lanjutan Liga 1 2022 di di Stadion Manahan, Solo, Senin (5/12/2022).

HALO SEMARANG – PSIS sukses mengalahkan tim papan atas Madura United dengan skor 3-0 pada lanjutan Liga 1 2022 di di Stadion Manahan, Solo, Senin (5/12/2022). Tiga gol PSIS dicetak Jonathan Cantillana (53-pen), Fredyan Wahyu (72), dan pemain muda berusia 18 tahun Ridho Syuahada Putra (83).

Kemenangan ini tentu memberikan motivasi tersendiri bagi skuad Mahesa Jenar untuk mengarungi Liga 1 2022 yang sempat terhenti beberapa bulan pasca-insiden berdarah Kanjuruhan, Malang beberapa waktu lalu.

Hasil ini juga mengatrol posisi PSIS di klasemen sementara, dengan menempati posisi 10 hasil 11 laga dengan empat kali menang, dua kali seri, dan lima kali kalah.

Pada laga tersebut, Madura United sebenarnya tampil dengan skuad terbaiknya. Di lini depan pelatih Madura United, Fabio Lefundes mengandalkan trio Lulinha, Ronaldo Kwateh, dan Beto Goncalves.

Sementara, pelatih PSIS, Ian Andrew Gillan justru menyimpan dua pemain asingnya, Jonathan Cantillana dan Carlos Fortes di bangku cadangan. Pada awal laga, permainan banyak berkutat di lini tengah lapangan. Meski PSIS memperoleh beberapa peluang, tapi penyelesaian akhir lini depan Mahesa Jenar masih lemah dan belum tercipta gol hingga akhir babak pertama.

Sebaliknya, Madura United tampil lebih agresif di babak pertama. Meski begitu masalah serupa terkait penyelesaian akhir juga menjadi problem Madura United, sehingga kesulitan membobol gawang PSIS. Memasuki menit ke-40, PSIS mulai memasukkan Jonathan Cantillana menggantikan Guntur Triaji.

Pergantian ini ternyata memberi perubahan pada permainan anak-anak Semarang. Pada menit ke-53 PSIS mendapat hadiah penalti setelah pemain depan PSIS dilanggar di dalam kotak penalti Madura United. Jonathan Cantillana yang maju sebagai algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.
Beberapa menit berselang, Madura United harus bermain dengan 10 pemain usai Guntur Ariyandi mendapat kartu merah dari wasit setelah melanggar Hari Nur.

Hal tersebut langsung dimanfaatkan PSIS dengan tampil semakin menekan lini pertahanan Laskar Sape Kerrab.

Hasilnya, pada menit ke-72 PSIS menggandakan keunggulan lewat sepakan jarak jauh Fredyan Wahyu. Tim Mahesa Jenar kian menjauh pada menit ke-83 lewat gol dari Ridho Syuhada. Memanfaatkan umpan terobosan dari Delvin Rumbino, Ridho Syuhada yang lolos dari kawalan pemain belakang Madura United dengan mudah menalkukkan Rendy Oscario. Skor 3-0 untuk keunggulan PSIS bertahan hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan.(HS)

Dewan Dorong Dinas Teknis Rampungkan Pembangunan Fisik

Menang Telak Atas Madura United, Ian Andrew Gillan: Momentum yang Baik Bagi PSIS