in

Proyek PLTSa di TPA Jatibarang Akan Segera Dikerjakan Tahun Ini

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat diwawancarai awak media.

 

HALO SEMARANG – Pemkot Semarang terus berusaha untuk merealisasikan rencana pembangunan yang jadi proyek strategis.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, salah satu proyek pembangunan di Pemerintah Kota Semarang yang masuk dalam proyek strategis nasional, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang.

Saat ini rencana proyek tersebut sudah masuk dalam tahapan lelang investasi.

“PLTSa kajian Finansial Business Case FBC-nya dan Detail Engineering Design (DED) sudah selesai semua. Sekarang tinggal masuk lelang terbuka, menentukan investasi untuk memilih perusahaan yang bonafide dan qualified seperti proyek SPAM Semarang Barat,” kata Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, Kamis (27/5/2021).

“Doakan saja lancar, dan mudah-mudahan tahun 2021 ini juga bisa segera dikerjakan,” sambungnya.

Adapun untuk anggarannya mencapai Rp 1,2 triliun.

“Untuk mengubah tumpukan sampah sehingga dihasilkan menjadi energi listrik. Untuk memakan sampah di TPA Jatibarang ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sapto Adi Sugihartono mengatakan, diharapkan pembangunan PLTSa di Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang segera terwujud pada tahun 2021.

“Tahun 2021 ini, direncanakan sudah mulai proses lelang proyek PLTSa Jatibarang. Dari lelang itu, nanti akan menentukan siapa yang akan mengelola PLTSa ini,” katanya, baru-baru ini.

Sapto menambahkan, saat ini sudah ada puluhan investor yang menyampaikan minatnya untuk menjadi patner Pemerintah Kota Semarang dalam pengelolaan PLTSa Jatibarang.

“Mekanismenya, nanti tetap siapa yang menjadi patner ditentukan dari proses lelang, dengan skemanya pembiayaan Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU),” terangnya.

Sehingga, lanjut Sapto, dengan adanya proyek PLTSa Jatibarang bisa mengurangi produksi sampah 1000 ton per hari.

“Nantinya, kapasitas PLTSa ini bisa menghasilkan listrik sebesar 20 megawatt. Kapasitas ini, lebih besar dari PLTSa sebelumnya dengan teknologi landfill Gas, yang hanya sebesar 800 kilowatt,” katanya.(HS)

Share This

Beli Voucher Game Online Dengan Murah dan Mudah, Ini Berbagai Cara yang Menguntungkan!

MOLA Gencar Sosialisakan Hak Siar Pertandingan Sepak Bola pada Platform OTT dan Public Viewing