Proyek Peningkatan Jalan Sriwijaya Mulai Dilanjutkan

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang kembali melanjutkan pembangunan Jalan Sriwijaya.

 

HALO SEMARANG – Pembangunan Jalan Sriwijaya kembali dilanjutkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang sejak awal April 2021 ini.

Pantuan, Kamis (15/4/2021), siang, dua alat berat dikerahkan untuk membangun Jalan Sriwijaya. Satu alat berat bertugas untuk meratakan jalur yang akan dibangun. Sementara yang lainnya, melakukan pengerukan tanah.

Sejumlah pekerja juga nampak terlihat menata batu untuk membangun talut yang ada di sisi kiri dan kanan jalan. Akses untuk jalan penduduk sekitar memang sedikit sulit jika pembangunan ini tidak dilanjutkan atau dibiarkan mangkrak.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kota Semarang, Suriyaty menerangkan, pembangunan jalan ini dilakukan dengan manambah satu lajur di sisi utara lajur lama untuk mengurai kepadatan yang kerap terjadi di jalan ini.

“Akhir Maret lalu baru kita persiapkan, dan awal April 2021 ini sudah dikerjakan sambil menunggu cuaca. Kendala kita Maret lalu memang cuaca yang kurang bersahabat,” katanya.

Pembangunan jalan akan dilakukan pada sisi dalam drainase dengan lebar 4,5 meter hingga 9 meter. Wanita yang akrab disapa Atik ini menjelaskan, jika saat ini pekerjaan pembangunan yang dilakukan adalah pembangunan talut dengan batu.

“Pembangunan talut ini dilakukan untuk penempatan udith saluran,” tambahnya.

Karena sifatnya menambah jalur, pembangunan tidak mempengaruhi jalan yang ada. Jika sudah rampung, jalan eksisting yang ada saat ini digunakan satu arah menuju ke Jalan Veteran atau Pahlawan.

“Sementara jalur baru menuju pertigaan Singosari, saat ini tinggal pengerjaan fisiknya saja, lahannya sudah siap dan desainnya juga sudah ada,” imbuhnya.

Pembangunan Jalan Sriwijaya lanjut dia, menggunakan sistem anggaran swakeola. DPU hanya menyiapkam tenaga tukang, sementara material misalnya aspal, pasir, batu, dan lainnya menggunakan sistem lelang umum.

“Targetnya enam bulan ke depan bisa rampung, September atau Oktober 2021 ini bisa selesai,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.