in

Proyek Ducting Utilitas Kabel Bawah Tanah di Kota Lama Semarang, Dewan Dukung Penuh Hingga Rampung

Suasana di Kawasan Kota Lama Semarang ramai pengunjung yang terkenal dengan wisata heritagenya berupa bangunan tua peninggalan masa kolonial, baru-baru ini.

HALO SEMARANG – Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Umi Surotud Diniyah menanggapi terkait perkembangan penyelesaian proyek ducting utilitas telekomunikasi ke bawah tanah di Kawasan Kotalama Semarang, yang saat ini pekerjaannya sudah mencapai sekitar 70 persen. Dari pihak DPRD Kota sangat mendukung penuh dan memberikan apresiasi akan perkembangan pengerjaan proyek pemindahan kabel jaringan bawah tanah tersebut yang hampir rampung.

“Dan diharapkan pada akhir Juli ini untuk target proyek ducting utilitas sudah 100 persen selesai. Sehingga kawasan Kota Lama Semarang yang saat ini sebagai salah satu pusat wisata yang ada di Kota Semarang semakin menawan, rapi, elok dan tertata rapi serta indah,” terangnya, saat dihubungi Halosemarang.id, Minggu (17/7/2022).

Dia menjelaskan, dengan makin estetiknya wajah Kota Semarang akan menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke kawasan Kota Kama Semarang. “Tentunya juga di Kota Lama sudah bersih dari kabel-kabel yang menjuntai di atas, karena sudah dirapikan dengan adanya program proyek ducting utilitas di kawasan Kota Lama,” papar Politisi PAN ini.

Dia mengimbau masyarakat untuk menjaga fasilitas atau sarana prasarana yang sudah dibangun pemerintah Kota Semarang. “Sehingga apa yang dibangun bisa dirasakan manfaatnya untuk semua masyarakat. Kalau banyak yang berkunjung ke sini, otomatis roda ekonomi masyarakat sekitar juga akan bergerak,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Pengurus Wilayah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) Jawa Tengah, Dharmadi Hardo mengatakan, dalam penyelesaian ducting di kawasan Kota Lama relatif berjalan lancar. Bahkan, sampai saat ini, progres pengerjaan sudah mencapai sekitar 70 persen. Dan ada tiga operator yang sudah selesai memindahkan utilitasnya dan melepas kabel yang ada di udara.

“Setelah saya koordinasi dengan teman-teman, ada tiga operator selesai. Kabel udara juga sudah dilepas. Sisanya, masih proses narik kabel, pindah jaringan. Target akhir Juli ini selesai,” ujar Dharmadi.

Sistem ducting ini, lanjut dia, rencananya juga akan diperluas hingga ke ke kawasan Kampung Melayu dan Pecinan. Pihaknya juga mendukung proyek ini untuk memperbaiki estetika kota yang lebih baik. Pihaknya akan mengikuti jadwal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengingat revitalisasi Kampung Melayu dan Pecinan dikerjakan oleh pemerintah pusat.(HS)

Polri Tegaskan Gunakan Pembuktian Ilmiah Ungkap Bukti Kasus Tewasnya Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo

Muthia Handayani Lebih Tertarik dengan Foto Analog