Protokol Kesehatan pada Libur Panjang, Polisi Cek Setiap Kendaraan

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna  (Foto: tribratanews.jateng.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Aparat dari Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro, dan Pemprov Jateng, akan mengecek setiap kendaraan yang masuk atau keluar wilayah. Para penumpang kendaraan-kendaraan itu harus menerapkan protokol kesehatan.

Penegasan tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, terkait pengamanan libur panjang. Dia mengatakan semua kendaraan dan masyarakat yang masuk wilayah Jawa Tengah, akan dicek. Pengemudi dan semua penumpang harus menggunakan masker, jumlah penumpang di dalam kendaraan tak boleh lebih dari 50 persen, dan setiap kendaraan harus dilengkapai antiseptik atau hand sanitizer.

“Kami utamakan protokol kesehatan, mulai dari mengecek kendaraan. Semua orang yang akan melintas, baik di jalan tol maupun di jalan-jalan utama, kami pastikan mereka menggunakan masker,” kata dia, seperti dirilis tribratanews.jateng.polri.go.id, Jumat (24/10).

Lanjut dia, pada libur panjang 28 Oktober sampai 1 November 2020, Polda Jawa Tengah bersama Kodam IV Diponegoro, dan Pemprov Jateng juga akan menggelar operasi pengamanan. Adapun sasaran pemantauan dan pengamanan, adalah jalur transportasi dan objek wisata.

Petugas gabungan akan membuat posko pantau jalur dan pos bergerak, di sejumlah ruas jalan tol, Jalan Pantura, dan lokasi wisata yang diperkirakan dipadati masyarakat.

Pergerakan masyarakat dari daerah asal, diprediksi akan mulai pada Selasa (27/10), karena pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada hari Rabu (28/10) dan Jumat (30/10) sebagai hari libur. Sementara, peringatan Maulid Nabi Muhammad jatuh pada hari Kamis (29/10).

Kenaikan jumlah kendaraan yang masuk, diperkirakan naik 10 persen, hingga 40 persen, dari jumlah biasa, pada liburan Maulid Nabi Muhammad 2020.

“Pos pantau tersebut didirikan untuk melihat kenaikan volume arus lalu lintas dan melakukan rekayasa lalu lintas, bilamana terjadi kenaikan jumlah kendaraan. Untuk kewilayahan kami berkoordinasi dengan kewilayahan (Polres), kita lakukan pos bergerak, nanti kita mobile,” ujarnya Kabidhumas Polda Jateng.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna mengatakan, saat libur panjang nanti diperkirakan akan ada arus mudik. Masyarakat akan keluar Semarang atau masuk ke Jawa Tengah dari Jakarta dan Surabaya.

“Untuk libur panjang, kami sudah persiapkan personel dalam rangka Operasi Zebra. Diperkirakan libur panjang terjadi arus mudik ya,” kata Kabid Humas. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.