in

Proses Prapendaftaran Tingkat TK/SD di Semarang Dibuka

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri saat memberikan materi terkait Proses Pendaftaran Peserta Didik (PPD) tahun ajaran 2021/2022, baru-baru ini.

 

HALO SEMARANG – Proses pendaftaran peserta didik (PPD) untuk tahun ajaran 2021-2022 tingkat TK/SD Negeri mulai tahun ini semua calon peserta didik wajib mengikuti rangkaian pra-pendaftaran. Dan waktu pra-pendaftaran ini sudah mulai dibuka sejak Minggu (13/6/2021).

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Hari Waluyo mengatakan, semua calon peserta didik wajib mengikuti rangkaian prapendaftaran. Adapun proses prapendaftaran tingkat TK/SD sudah dibuka mulai hari Minggu (13/6/2021) sampai Jumat (18/6/2021) mendatang.

“Tahun 2021 ini calon siswa harus ikut tahap prapendaftaran ini agar bisa melakukan pendaftaran pada 26-29 Juni 2021 mendatang,” katanya, baru-baru ini.

Dinas Pendidikan, kata dia, juga mensiagakan petugas di kantor dinas untuk melayani proses pra-pendaftaran secara offline. Proses ini diperuntukkan bagi siswa mutasi ataupun belum memiliki kartu keluarga (KK) Semarang. Dari temuan yang ada, KK luar kota ini tidak bisa keluar NIK.

“Kami juga gandeng petugas Dispenduk Capil, karena pendaftaran sesuai dengan NIK, maka yang luar kota ini akan dimasukkan data secara manual agar bisa melakukan pendaftaran,” terangnya.

Karena pentingnya proses prapendaftaran, dia mengimbau agar orang tua siswa wajib mengikuti tahapan ini. Bagi orang tua siswa yang belum memiliki KK Semarang ataupun mutasi, dirinya menghimbau agar bisa datang ke kantor dinas.

“Bisa datang langsung ke dinas, dan akan kami bantu agar bisa mengikuti tahap selanjutnya,” jelasnya.

Hari menyebut sejak dibuka pendaftaran, sudah ada puluhan orang tua siswa yang datang ke kantor dinas untuk melakukan prapendaftaran secara offline. Terkait jumlah peserta yang sudah melakukan prapendaftaran, dirinya menjelaskan pada tahapan ini belum ada jurnal yang keluar.

“Kalau untuk proses ini belum ada jurnal, keluar jurnal kalau nanti ada sudah masuk proses pendaftaran. Proses ini mengisi formulir, setelah itu disimpan dan ada password yang keluar untuk mendaftar sekolah,” pungkasnya.(HS)

Share This

Boyolali Waspadai Tambahan Kasus Covid-19

Pasien Covid-19 RSUP dr Kariadi Meningkat Empat Kali Lipat, Ruangan Ditambah