Program Forum Anak Banyumas, dari Kunjungan ke Desa hingga Penyampaian Aspirasi

Usai dilantik, Pengurus Forum Anak Banyumas berfoto bersama Bupati Banyumas Achmad Husein, di Pendopo Si Panji. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Berbagai program kegiatan, telah disiapkan oleh Forum Anak Banyumas, termasuk kunjungan ke desa-desa dan sosialisasi protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Ketua Forum anak Banyumas, Muhammad Aditya Ibnu, seusai acara pelantikan pengurus Forum Anak Banyumas, masa bakti 2021-2022, oleh Bupati Banyumas Achmad Husein.

Pelantikan digelar secara langsung di Pendopo Si Panji, dan diikuti secara daring oleh pengurus di tingkat kecamatan.

Lebih lanjut Muhammad mengatakan, forum yang beranggotakan pelajar setingkat SMP dan SMA tersebut, mengusung berbagai program, antara lain melaksanakan kegiatan Forum Anak Tilik Desa, di mana kegiatannya adalah sosialisasi protokol kesehatan, belajar, dan mendongeng dengan anak-anak di desa tersebut, dengan jumlah terbatas, kurang lebih ada 10-15 anak.

Ada pula kegiatan Rembugan Bareng Bocah Banyumas, yang rutin berjalan setiap tahun, sebagai sarana anak Banyumas menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah.

“Pada tahun ini kami merancang kegiatan tersebut, dengan tema ‘Dialog Anak dengan Bupati Banyumas’, yang secara online, setelah terbentuk Forum Anak di 27 Kecamatan. Kegiatan tersebut telah kami susun ada penampilan video ‘Ini Suaraku’ yang telah kami buat yang merupakan suara dari anak-anak dari berbagai daerah, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus tentang pengalaman di masa pandemi,” katanya.

Mereka juga akan melaunching gerak jingle 3M Forum Anak, yang dibuat dalam rangka membantu pemerintah menyosialisasikan kepada anak-anak.

“Selanjutnya untuk kegiatan unggulan kami ada Semarak Hari Anak Nasional Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Banyumas yang mengambil tema “Anak Banyumas Gesit”, yaitu Gembira, Empati, Sehat, Inovatif, dan Terampil. Di mana akan ada beberapa kegiatan seperi Child Take Over, Konferensi Forum Anak Banyumas dan Puncak HAN,” kata dia.

Sementara itu Bupati Banyumas Achmad Husein, dalam sambutannya pada acara pelantikan tersebut, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada pengurus periode 2019-2021, atas pengabdian dan dedikasinya, yang telah membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Ramah Anak.

Selanjutnya, kepada seluruh pengurus yang baru dilantik, Bupati minta forum anak ini dijadikan sebagai sarana bertukar informasi, bagi para anak dan pelajar di Banyumas.

Untuk itu, anak-anak diharapkan bisa memposisikan diri menjadi Anak Banyumas, Anak Indonesia yang cerdas, dan mempunyai kemauan tinggi, yang kelak menjadi penerus bangsa Indonesia.

Bupati juga meminta kepada anak-anak melakukan sesuatu dengan hati dan bersungguh-sunguh karena nantinya akan menghasilkan sesuatu yang berbeda.

“Mulai saat ini kalian harus sudah mempunyai tujuan dan cita-cita. Dan cita-cita tidak boleh biasa-biasa saja. Kerena kalau biasa-biasa saja itu ibarat mengalir dalam air mengalir, tetapi kalian harus bisa mencari arah,” tambahnya. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.