in

Program Bank Sampah Warga RSS Mangunjiwan Demak 

Warga Griya Bhakti Praja RT 06/RW 07 Mangunjiwan, Kabupaten Demak melaksanakan kegiatan bank sampah, di gedung pertemuan warga setempat. Minggu (21/5/2023).(Foto : demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – Warga Griya Bhakti Praja RT 06/RW 07 Mangunjiwan Kabupaten Demak melaksanakan kegiatann bank sampah, dipusatkan di gedung pertemuan warga setempat. Minggu (21/5/2023).

Ketua Bank Sampah RT 06/RW 07 Mangunjiwan Demak, Kurnia Zauharoh menjelaskan bahwa kegiatan bank sampah ini dilaksanakan setiap dua bulan.

“Kegiatan bank sampah warga rss ini, dilakukan dua bulan sekali. Jadi memang warga kami ini sudah rutin melaksanakan giat bank sampah ini,” kata Nia, sapaan akrab Kurnia Zauharoh.

Nia menjelaskan, bahwa warga mengumpulkan sampah sudah dalam keadaan terpilih, seperti plastik, kardus, botol kaleng, minyak jelantah, dan lainnya.

“Jadi memang warga kami ini sudah diimbau untuk memilah sampah di rumah masing-masing,” kata dia, seperti dirilis demakkab.go.id.

Sehingga ketika ada kegiatan bank sampah, warga sudah langsung membawa sampah-sampah itu ke pertemuan di gedung rapat.

“Disana nanti kita menimbang bersama pembeli rosoknya dan dicatat juga perolehan setiap masing-masing keluarga,” kata dia.

Lebih lanjut, Ketua Bank Sampah warga RT 06 / RW 07 Mangunjiwan Demak itu, menyampaikan harapan agar masyarakat di lingkungan lebih bijak dalam mengelola sampah.

“Sampahmu tanggung jawabmu. Sehingga harapan saya dengan ada kegiatan rutin ini warga masyarakat semangat untuk memilah milah sampahnya dan dapat di kumpulkan ketika kegiatan bank sampah,” kata dia.

Dia mengatakan, hasil dari penjualan sampah ini, oleh warga dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam kas.

“Dari bank sampah inilah kita juga bisa mendapatkan penghasilan, dan hasil itu nantinya di kumpulkan untuk kas warga kami.” terangnya

Salah satu warga RT 06/RW 07 Mangunjiwan Demak, Riza menyampaikan dari sampah yang sudah tidak ada nilainya, ternyata masih bisa diubah menjadi rupiah.

“Mari kita pilah sampah mulai dari diri sendiri. Kurangi penggunaan sampah plastik agar lingkungan kita terjaga kebersiihannya, letakkan sampah pada tempatnya,” kata Riza.

Budayakan memimalah sampah mulai dari tingkat rumah tangga. Sampah organik seperti sisa makanan bila dikelola bisa menjadi pupuk yang bermanfaat untuk tanaman. (HS-08).

Tersangka Kematian Putri Pj Gubernur Papua Pegunungan Akui Setubuhi Korban di Kostnya

Atlet Triathlon Peraih Medali SEA Games Diarak Keliling Kota Jepara