in

Profil Tokyo Verdy, Klub Liga Jepang Yang Akan Diperkuat Bintang Muda Timnas Indonesia Pratama Arhan

Foto ilustrasi transfer Pratama Arhan.

HALO SPORT – Bintang muda timnas Indonesia Pratama Arhan resmi berlabuh ke Jepang untuk bergabung dengan klub J2 League, Tokyo Verdy. PSIS sebagai klub sang pemain, juga telah melepas salah satu pemain muda berbakatnya tersebut.

Pratama Arhan akan mengikuti jejak Asnawi Mangkualam yang merajut karier di level tinggi sepak bola Asia. Jika Asnawi bergabung ke klub divisi dua Korea Selatan, Ansan Greeners, Arhan memilih membela Tokyo Verdy di klub liga 2 Jepang.

Tokyo Verdy sendiri merupakan klub yang memiliki sejarah panjang dalam persepak bolaan di Jepang. Dibentuk pada 1969 lalu dengan nama Yomiuri FC, mereka mulai membangun kekuatan di kancah sepak bola Jepang. Pada 1978, Verdy berhasil promosi ke liga level tertinggi untuk pertama kalinya. Setahun berselang, mereka memenangkan trofi mayor pertama di ajang Japan Soccer League [JSL] Cup.

Dengan usia yang sudah 52 tahun, Tokyo Verdy menjadi salah satu klub tersukses di Jepang dengan catatan dua gelar juara Liga Jepang, lima gelar Piala Kaisar, enam Piala Super Jepang, dan satu gelar Piala Champions Asia.

Tokyo Verdy mencapai puncak kesuksesannya medio 1983-1994, ketika diperkuat sederet pemain bintang seperti Kazuyoshi Miura, Ruy Ramos, dan Tsuyoshi Kitazawa. Mereka sempat menyabet gelar Liga Jepang empat musim berturut-turut pada 1990-1994.

Setelah era keemasan, Verdy kemudian langsung merosot dan tak bisa bersaing di papan atas. Verdy kemudian kembali ke Tokyo dan bermain di divisi kedua setelah musim 2005 berakhir.

Sempat merasakan kembali persaingan J1 League pada 2008, Tokyo Verdy kemudian kembali degradasi dan hingga kini masih berkutat di J2 League. Kendati sekarang publik di Jepang lebih memandang mereka sebagai tim semenjana, tapi sejarah akan selalu mencatat bahwa Tokyo Verdy adalah salah satu tim yang pernah merajai sepak bola Jepang bahkan Asia.

Saat ini, Tokyo Verdy bermarkas di stadion berkapasitas 50 ribu penonton dengan nama Ajinomoto Stadium. Mereka berbagi stadion dengan FC Tokyo.

“Halo semuanya saya Pratama Arhan bek kiri Tim Nasional Indonesia. Saya sangat senang bisa bergabung dengan Tokyo Verdy salah satu klub tersukses di Liga Jepang. Saya ingin berkontribusi maksimal untuk Verdy yang akan berusaha kembali ke kasta tertinggi liga Jepang dengan kecepatan saya di sisi kiri, crossing, supply bola dan lemparan throw-in jauh ke kotak penalti. Saya mohon dukungannya kepada semuanya terhadap perjuangan saya di sini dan tim. Saya berjanji akan memberikan 100 persen konsistensi,” ujar Arhan di akun Twitter resmi Tokyo Verdy, Rabu (16/2/2022).

Sebagai informasi, Pratama Arhan yang bermain sebagai bek kiri PSIS dan Timnas Indonesia, mampu menunjukkan kelasnya sebagai bek sayap modern dengan permainan defensif dan ofensif yang sama baiknya. Tak pelak, pemain kelahiran Blora 20 tahun lalu ini lantas dihubungkan dengan deretan klub ambisius Asia, sampai-sampai sempat digosipkan jadi incaran klub top Serie A Italia Lazio.

Namun, pada akhirnya Arhan berjodoh dengan Tokyo Verdy. Menjadi kesempatan emas baginya untuk semakin melambungkan potensinya di kompetisi elite Asia.(HS)

Kasus Wadas, Ganjar Minta Pejabat Berorientasi pada Merah Putih

Kendal Jadi Pilot Project Terbentuknya Satgas Anti Narkoba Pondok Pesantren