Profil 5 Wanita Inspiratif Asal Indonesia

 

PADA bulan Maret, khususnya tanggal 8 Maret merupakan Hari Perempuan Internasional atau dikenal dengan Women’s Day. Setiap tahunnya, Women’s Day diperingati oleh seluruh perempuan yang bermaksud untuk mengapresiasi kontribusi dan peran perempuan dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, dan politik.

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, yuk kita simak beberapa profil perempuan sukses asal Indonesia yang menginspirasi dalam membangun dan mengembangkan karir serta bisnis di berbagai industri:

Amalia Yaksa Parijata

Sumber: LinkedIn

Wanita inspiratif ini berkecimpung di salah satu industri yang rumit di dunia, yaitu industri aviasi. Beliau adalah Amalia Yaksa Parijata, Vice President Marketing & Distribution Channel di Citilink Indonesia.

Amalia sudah handal dalam dunia marketing dan komunikasi, salah satunya dengan membawa Citilink sebagai maskapai penerbangan favorit masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, Amalia pernah menjadi Head of Corporate Communications di Blue Bird Group, penyedia layanan taksi dan transportasi darat di Indonesia.

Tidak hanya aktif di dunia marketing dan komunikasi, Amalia juga turut aktif di dunia politik. Amalia pernah menjadi calon legislatif (caleg) DPR RI pada tahun 2009 dan Communications Specialist di DPR RI.

Dari Amalia, kita belajar bahwa seorang perempuan mampu berkecimpung dan berprestasi di berbagai industri.

Charina Prinandita

 

Sumber: LinkedIn

Wanita inspiratif selanjutnya memiliki kiprah aktif di industri Food & Beverages. Charina Prinandita yang merupakan Co-Founder dari Eatlah, memulai bisnis Eatlah pada tahun 2016.

Bisnis ini berawal ketika ia dan teman-temannya berkuliah di Singapura. Pada saat itu, ia menemukan makanan yang berpotensi diminati oleh lidah masyarakat Indonesia, yaitu Salted Egg Chicken.

Akhirnya, bermula dari kreasinya akan cita rasa Salted Egg, ia dan teman-temannya memperkenalkan varian makanan ayam ini ke khalayak dalam negeri.

Dilengkapi dengan kemampuannya dalam memasarkan produk Eatlah, Charina juga terjun dalam dunia marketing dan komunikasi.

Sebelumnya, Charina pernah menjadi Marketing Executive di salah satu e-commerce besar di Asia, yaitu Reebonz. Keberanian Charina memajukan industri F&B dalam negeri patut diacungi jempol.

Chrisanti Indiana

 

Sumber: LinkedIn

Siapa sih yang tidak tahu platform belanja online produk skin care dan make up terkemuka Sociolla? Inovasi marketplace khusus menjual produk skin care dan make up ini diinisiasi salah satunya oleh Founder dan Chief Marketing Officer (CMO) Sociolla, Chrisanti Indiana.

Chrisanti bahkan masuk ke dalam jajaran Forbes 30 Under 30 Asia 2020 dalam bidang retail and e-commerce dan 40 Under 40 The Vanguards pada tahun 2019.

Chrisanti bersama dengan Sociolla berupaya meningkatkan beauty awareness khususnya mengenai edukasi keaslian produk kecantikan agar perempuan di Indonesia tidak asal menggunakan produk.

Sociolla pun telah dipercaya oleh lebih dari 150 brand yang telah bersertifikat resmi untuk menjadi platform belanja online produk skin care dan make up untuk menjangkau lebih banyak konsumen yang mengunjungi Sociolla setiap harinya.

Eka Nilam Dari

 

Sumber: LinkedIn

Eka Nilam Dari atau perempuan yang akrab disapa Lala merupakan Head of Strategic Merchant Acquisition di ShopeePay.

Sebelum bekerja di ShopeePay, Lala sudah lama berkecimpung di dunia financial technology alias fintech. Lala pernah menjadi Vice President di Gojek dan Head of Merchant Business di Kartuku.

Dalam karirnya, Lala berfokus mengantarkan pelaku usaha untuk masuk ke ekonomi digital terutama meningkatkan adopsi pembayaran digital.

Kegigihan Lala yang dibangun sejak 13 tahun lalu dan sikap untuk terus mengembangkan diri dan kemauan belajar telah membawa Lala hingga tahap ini.

Hal inilah yang menjadikannya salah satu perempuan inspiratif di dunia pembayaran digital.

Elisa Suteja

 

Sumber: LinkedIn

Perempuan inspiratif Indonesia yang juga masuk ke dalam jajaran 30 under 30 Forbes Asia dalam bidang retail dan e-commerce, yaitu Elisa Suteja.

Elisa adalah Co-Founder dari salah satu coffee shop terkemuka di Indonesia, yaitu Fore Coffee.

Sebelumnya, Elisa menjadi Senior Analyst di East Ventures yang merupakan capital ventures bergengsi di Asia Tenggara.

Saat itu, East Ventures mencanangkan apa yang dapat dilakukan untuk membangun Indonesia. Kemudian, Elisa dengan founder lainnya menciptakan ide untuk membuat Fore Coffee, start-up bermodel bisnis kedai kopi di Indonesia. Fore Coffee hadir dan menyajikan aplikasi untuk memesan kopi.

Tujuannya agar masyarakat lebih mudah mengakses kopi yang berkualitas melalui pendekatan teknologi.

Itulah beberapa profil singkat perempuan sukses dan inspiratif asal Indonesia.

Teruntuk semua perempuan dan pribadi yang pantang menyerah, contohlah kisah inspiratif di atas dan jadikan motivasi untuk diri sendiri.

Kembangkan potensimu untuk mencapai the best version of yourself. Jangan takut untuk mencoba hal positif baru, dan teruslah mengejar cita-citamu!(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.