Prof Nasir Menjadi Khotib Shalat Id di MAJT

HALO SEMARANG – Prof Mohamad Nasir yang merupakan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia akan menjadi khatib Shalat Id di Masjid Agung Jawa Tengah. Untuk Imam Shalat Id akan diimami oleh KH Ulil Abshor AH yang merupakan Hafidz Juara Internasional serta Anggota dewan Juri MTQ Nasional.

Dalam Rapat Koordinasi antara MAJT dengan Polres Gayamsari, belum lama ini, pihak Polres Gayamsari yang wakili oleh Kanit Lantas Gayamsari, AKP Dwi Panji, akan melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa jalan untuk menuju MAJT. Antara lain Jalan Gajah Raya, Jalan Jolotundo, dan Jalan Arteri Soekarno Hatta (Soeta).

“Jalan Gajah Raya pada pukul 05.00 – 07.00 akan kami lakukan berlakukan satu arah menuju MAJT, mulai dari Jalan Arteri Soeta menuju selatan. Dan dari arah selatan Jalan Gajah Raya kami lakukan jalan satu arah menuju MAJT,” katanya.

Sementara itu Pihak MAJT juga akan membuka 3 gerbang masuk MAJT. Ketiga gerbang tersebut yaitu gerbang utama yang bisa diakses dari Jalan Gajah Raya, bagi jamaah yang masuk MAJT lewat jalan tol Gayamsari – Jalan Gajah Raya – MAJT kemudian memarkir kendaraannya di kantong parkir A dan basement MAJT. Gerbang Kedua bagi jamaah yang berasal dari selatan dan barat yang diakses dari Jalan Jolotundo, Jalan Kartini – Jalan Jolotundo –MAJT kemudian memarkir kendaraannya di kantong parkir B atau kantong parkir C. Gerbang ketiga yang bisa diakses dari Jalan Arteri Soeta – Jalan Baru MAJT (Relokasi Pasar Johar) – MAJT kemudian memarkir kendaraan di kantong parkir C. Bagi pengguna kendaraan roda 4 yang berasal dari timur diharapkan masuk lewat gerbang ketiga atau jalan masuk yang melewati relokasi Pasar Johar.

Selain itu untuk kelancaran akses masuk, pihak MAJT juga akan memberlakukan tiket manual selama pelaksanaan shalat Id agar tidak terjadi penumpukan di gerbang masuk. Untuk keluar para jamaah juga mengikuti arahan dari para petugas terkait.

Selain persiapan fisik, MAJT juga menyiapkan program-program kegiatan antara lain Program Iktikaf di MAJT selama 10 hari terakhir. Rangkaian kegiatan iktikaf di MAJT tahun ini meliputi kegiatan Tadarus Al Quran, Shalat Tasbih, Shalat Hajat, Asmaul Husna, Qiyamul Lail dll. Shalat akan dipimpin oleh KH Amdjad.

Penutup kegiatan tarawih di MAJT dilaksanakan khataman Alquran yang dilaksanakan pada malam ke 29 Ramadhan, Minggu (2/6/2019). Kegiatan khataman Alquran ini merupakan tradisi yang telah dilaksanakan oleh MAJT. Kegiatan Khataman Alquran nanti akan diawali dengan shalat tarawih juz 30 dan dipimpin oleh 3 Imam Masjid Agung Jawa Tengah secara bergantian dan diakhiri dengan doa khotmil qur’an serta tumpengan bersama.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.