in

Prof Miyasto Berpulang, USM-Undip Berduka

Pemakaman Ketua Pembina Yayasan Alumni Universitas Diponegoro (Undip), Prof Dr Miyasto, SU di komplek pemakaman Undip Semarang.

 

HALO SEMARANG – Universitas Semarang (USM) kembali berduka, Ketua Pembina Yayasan Alumni Universitas Diponegoro (Undip), Prof Dr Miyasto, SU berpulang ke rahmatullah, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) pada Rabu (24/3/2021) pukul 14.20 WIB.

Prof Dr Miyasto, SU terpilih sebagai Ketua Pembina Yayasan Alumni Universitas Diponegoro menggantikan Prof Dr H Muladi, SH yang telah lebih dulu menghadap ke hadirat Allah SWT pada 31 Desember 2020 lalu.

Jenazah almarhum Prof Miyasto dimakamkan di komplek pemakaman Undip pada pukul 20.40 WIB dan dipimpin oleh Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama, SH, MHum, dan dihadiri oleh Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Abdullah Kelib, SH serta para dosen baik dari Undip maupun USM.

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof Yos Johan Utama, SH, MHum merasa kaget dengan kepergian Prof Dr Miyasto, SU secara mendadak. Dia pun menceritakan terakhir berbincang langsung dengan almarhum beberapa hari terakhir.

“Sebelum meninggal, tiga minggu yang lalu beliau bertemu di ruang rektor, saya kira pamit karena pensiun. Namun ternyata merupakan isyarat kalau beliau akan meninggalkan kita menghadap Allah SWT,” ungkap Yos sapaan akrab Yos Johan Utama.

Yos mengenang pribadi Prof Dr Miyasto, SU dalam keseharian sangat religius.

“Beliau pribadi yang baik, pribadi yang santun dalam bertutur kata, beliau juga imam masjid di Jalan Belimbing, insya-Allah segala amal ibadah beliau yang bagus ini menjadi pengantar dan amal jariyah beliau menghadap Allah SWT. Ilmu yang beliau berikan selama ini akan mengantarkan beliau ke surganya Allah,” tambahnya.

Selaku rektor, Yos mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip tersebut terhadap Undip.

Tidak hanya itu saja, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak baik dokter, perawat, direktur, manajemen RSND, maupun pihak-pihak yang telah terlibat sejak beliau sakit sampai proses pemakaman.

Sementara Rektor USM, Andy Kridasusila, SE, MM mengucapkan ikut bela sungkawa dan turut berduka cita atas wafatnya Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Dr Miyasto, SU. Andy mengenang kebaikan, nasihat, dan ilmu yang diberikan baik komitmennya di berbagai hal, salah satunya pada bidang pendidikan tinggi.

Menurutnya, sebagai pendidik, Prof Dr Miyasto, SU seringkali membagikan ilmu dan pengetahuan dengan ringan. Andy mengaku juga pernah menjadi mahasiswa selama menempuh strata satu dan dua.

“Komitmen beliau terhadap pendidikan tetap kuat. Pada akhirnya, beliau terpilih menjadi Ketua Pembina tanggal 16 Februari 2021. Setelah itu belum bertemu dengan beliau lagi karena kesibukannya, dan terakhir dirawat di RSND Undip hingga meninggal. Semoga apa yang telah menjadi komitmen beliau, dapat dilanjutkan oleh para penerusnya,” kata Andy.(HS)

Share This

Ketua DPRD Kota Semarang: Kami Sepakat Adanya PTM, Sepanjang Sekolah Sudah Siap

Jefri, Pianis Cilik Asal Kendal Pecahkan Rekor Dunia