Produk Pertanian Sumbang Pertumbuhan Ekonomi

Bupati pemalang Junaedi menyerahkan bantuan alat pertanian, kepada kelompok tani di Kabupaten Pemalang (Foto : jatengprov.go.id)

 

HALO PEMALANG – Bupati Pemalang, Junaedi mengatakan produk-produk pertanian, menyumbang pertumbuhan ekonomi. Inflasi di Kabupaten Pemalang, juga terkendali berkat adanya produk-produk tersebut.

“Oleh karena itu, kita harus berterima kasih kepada para petani, yang telah memenuhi ketahanan pangan di Kabupaten Pemalang,” kata Junaedi di aula Dinas Pertanian Pemalang, beberapa waktu lalu, seusai menyerahkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani di Kabupaten Pemalang. Bantuan yang diberikan berupa  16 unit pompa air tiga inc dan sembilan unit pompa air.

Lebih lanjut dia mengatakan pemberian bantuan, baik pupuk, alat pertanian maupun bibit, merupakan salah satu upaya negara untuk hadir di tengah-tengah para petani di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Pemalang.

“Berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah, untuk menyejahterakan rakyatnya melalui bantuan-bantuan. Termasuk alat-alat pertanian, yang diserahkan tadi,” kata Bupati Pemalang, beberapa waktu lalu, seperti dirilis Jatengprov.go.id.

Dia menyampaikan terima kasih kepada kelompok petani, yang sudah ikut berperan meningkatkan produk-produk pertanian. Menurutnya, secara tidak langsung, para petani ini telah turut andil dalam menjaga ketahanan pangan di Indonesia, baik yang berupa padi, jagung, kedelai, serta hasil produk pertanian yang lain.

“Berilah yang terbaik untuk petani. Karena mereka sudah bersinergi dengan pemerintah, sebagai pejuang di garda terdepan dalam menjaga ketahanan pangan,” kata Junaedi.

Menurutnya, dalam masa pandemi Covid-19, kalau tidak ada pangan akan sangat merepotkan karena pertumbuhan ekonomi melemah. Sehingga daya beli masyarakat berkurang, karena tidak ada produksi.

Oleh karena itu, Junaedi menegaskan, Pemalang patut berterima kasih kepada petani. Karena 32 persen PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) berasal dari pertanian. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.