in

Pria Asal Genuk Ini Nekat Mencuri Laptop Dengan Mengajak Anak Balitanya

Pelaku pencurian dan barang bukti laptop sudah diamankan Polsek Tembalang.

 

HALO SEMARANG – Seorang pria diamankan karena kedapatan melakukan aksi pencurian laptop di kos-kosan Jalan Muharom, Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang pada Senin (11/10/2021) sekira pukul 08.30 WIB.

Pelaku yang bernama Adi Supriyanto warga Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk itu, mengakui aksi pencurian tersebut dilakukan setelah pelaku menjemput anaknya yang masih balita di sekolah PAUD. Di saat perjalanan pulang, pria berusia 39 tahun tersebut malah mencuri, padahal dia sedang bersama anaknya.

“Setelah saya jemput anak saya sekolah kemudian keliling-keliling dulu. Awalnya keliling dua kali, terus melihat ada rumah pintunya terbuka,” jelasnya di Mapolsek Tembalang, Selasa (12/10/2021).

“Istri saya kan kerja, tidak ada yang momong,” tuturnya.

Dalam benak, sebelum mencuri, pria berusia 39 tahun itu berencana akan menjual laptop ke temannya dengan harga Rp 1 juta. Nantinya hasil kejahatan itu akan ia gunakan untuk membayar utang dan mencukupi kebutuhan hidup.

“Rencana mau saya jual ke teman, paling Rp 1 juta. Untuk bayar utang rumah. Baru kali ini (mencuri),” dalihnya.

Sialnya, saat akan kabur, kebetulan korban keluar dari kamar dan melihat pelaku mengambil barang berharganya. Pelaku tidak bisa mengelak dan warga sekitar yang mengetahui kejadian ini langsung menghubungi Polsek Tembalang.

Sementara itu, Kapolsek Tembalang, Kompol R Arsadi menjelaskan, setelah mendapat laporan tersebut, pihaknya langsung ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan.

Setelah sampai di lokasi, pelaku pencurian sudah diamankan warga. Laptop yang dicuri, menurutnya milik Lingga mahasiswa asal Rembang.

Ia menjelaskan, modus yang digunakan pelaku yaitu mengamati lokasi kejadian kemudian melihat ada rumah yang kosong dan di dalamnya ada barang berharga.

“Setelah masuk ke dalam rumah, laptop diambil disembunyikan di jaket, dan charger (laptop) dibawa tangan kiri,” bebernya.

Saat ini barang bukti satu unit laptop beserta chargernya dan satu unit sepeda motor yang dikendarai pelaku sudah disita oleh polisi.

Sementara pelaku masih mendekam di ruang tahanan Mapolsek Tembalang untuk dilakukan proses hukum selanjutnya. Akibat perbuatannya, tersangka diancam dengan pasal 362 KUHPidana Tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.(HS)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Selasa (12/10/2021)

Pentingnya Dokumen E-Pas Kecil Bagi Nelayan di Semarang