Presiden Minta Pengembangan Vaksin Sesuai Kaidah Ilmiah

Presiden Joko Widodo (Foto : Setkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak memberikan dukungan pada upaya pengembangan vaksin di dalam negeri, termasuk Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara.

“Dalam situasi pandemi saat ini, tentu kita semuanya mendukung adanya penelitian dan pengembangan, baik itu obat maupun vaksin, agar terwujud kemandirian di bidang farmasi, sekaligus untuk mempercepat akses ketersediaan vaksin di masa pandemi Covid-19 ini,” kata dia seperti dirilis Setkab.go.id

Namun pengembangan tersebut harus memenuhi prosedur dan kaidah ilmiah.

“Untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat, dan bermutu, mereka harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik, kaidah-kaidah keilmuan,” kata dia, seperti dirilis Setkab.go.id.

Presiden menekankan, uji klinis yang ditempuh juga harus sesuai prosedur yang berlaku, dilakukan secara terbuka, bersifat transparan, serta melibatkan banyak ahli.

“Persyaratan dan tahapan ini penting dilakukan, untuk membuktikan bahwa proses pembuatan vaksin sangat mengedepankan unsur kehati-hatian dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, sehingga vaksin yang dihasilkan aman dan efektif penggunaannya,” ujarnya.

Jika semua tahapan dan kaidah ilmiah telah dilalui dan dipenuhi, maka produksi vaksin dapat dipercepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Jika semua tahapan sudah dilalui, kita percepat produksi untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri akan vaksin,” tuturnya.

Dalam pernyataannya, Presiden juga kembali menegaskan dukungannya terhadap inovasi yang dilakukan, apalagi di saat pandemi saat ini.

“Inovasi merupakan kunci bagi kemajuan sebuah negara, tidak terkecuali Indonesia. Oleh karena itu, tentunya kita akan selalu mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para inovator kita,” tandasnya. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.