Presiden Jokowi: Yaqut Cholil Jadi Menteri Agama, Tri Risma Menteri Sosial

Presiden Jokowi.

 

HALO SEMARANG – Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sore ini di Istana Negara mengumumkan pergantian enam Menteri di Kabinetnya, Selasa (22/12/2020).

Dari sumber Youtube Setneg, Jokowi memperkenalkan satu persatu nama Menteri yang baru.

“Yang pertama, saya perkenalkan Ibu Tri Risma Harini, yang selama ini menjabat Wali Kota Surabata kami berikan kepercayaan untuk memimpin Kementrian Sosial,” kata Jokowi.

Kemudian, Sandiaga Uno yang sebelumnya sebagai Wakil Gubernur DKI, ditunjuk untuk meminpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selanjutnya, Budi Gunadi Sadikin, yang sebelumnya menjabat Dirut Bank Mandiri dan Dirut PT Asahan Alumuniium dan Wakil Menteri BUMN, kini diberikan tanggungjawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan.

Nama yang keempat yang diumumkan Presiden adalah Yaqut Cholil Qoumas.

“Beliau adalah tokoh muslim, Ketua PP GP Ansor dan akan kami berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” imbuh jokowi.

Selanjutnya, Sakti Wahyu Trenggono, yang sekarang ini memagang jabatan Wakil Menteri Pertahanan diberi taggungjawab sebagai Menteri Kelautan dan Perikananan.

Yang terakhir, lanjut Presiden, adalah Moh Luthfi, yang sebelumnya menjabat kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Dubes RI untuk Jepang dan terakhir Dubes RI untuk AS, ditunjuk untuk memimpin Kementerian Perdagangan.

“Demikian pengumuman yang saya sampaikan. Pelantikan Insya-Allah besok pagi,” pungkas Jokowi.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.