in

Presiden Jokowi Ungkapkan Terima Kasih pada Masyarakat Lombok

Presiden menyerahkan piala kemenangan kepada para pemenang MotoGP Indonesia 2022 yaitu Miguel Oliveira, di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, Minggu (20/03/2022). (Foto : Setkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, termasuk masyarakat Lombok, yang telah memberikan dukungan penuh gelaran MotoGP Mandalika Tahun 2022.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, terutama pada masyarakat NTB, masyarakat Lombok yang telah memberikan dukungan penuh dan juga seluruh pihak, baik penyelenggara maupun seluruh pekerja yang telah bekerja siang malam menyiapkan event besar ini,” ujar Presiden dalam keterangannya, seusai menyaksikan gelaran balap motor internasional ini, di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/03/2022).

Presiden mengakui masih terdapat hal yang dapat ditingkatkan, agar penyelenggaraan MotoGP ke depan dapat berjalan dengan lebih baik.

“Memang masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki. Saya kira ini event jangka panjang, tahun depan akan kita perbaiki lagi apabila ada kekurangan-kekurangan,” kata dia, seperti dirilis Setkab.go.id.

Sebelumnya, Presiden turut naik ke podium, untuk menyerahkan trofi kepada Miguel Oliveira, pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing, yang finish pada urutan pertama, dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik.

Selain kepada Oliveira, Kepala Negara juga menyerahkan trofi kepada pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo, yang menempati urutan kedua, serta juara ketiga yakni dari Pramac Ducati, Johann Zarco.

Dalam kesempatan itu Presiden menuturkan, bahwa pada awalnya dia menjagokan Marc Marquez. Namun lantaran Marquez absen karena mengalami kecelakaan cukup parah, pada pemanasan menjelang race, Presiden pun beralih mendukung Fabio Quartararo, yang akhirnya finish di urutan kedua.

“Jagoannya Marc Marquez, tetapi karena dia enggak ikut ganti ke Fabio Quartararo, juara 2,” kata Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara juga menyampaikan cendera mata kepada CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta. Bingkisan yang diberi nama Indonesia Spice Up The World (ISUTW) tersebut berisi beragam rempah-rempah asal Indonesia.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada CEO Dorna, Bapak Carmelo,” kata Presiden.

Turut hadir menyaksikan MotoGP Mandalika 2022 bersama Presiden dan Ibu Iriana antara lain Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara itu Marc Marquez, melalui akun Twitter-nya menyampaikan dirinya baik-baik saja setelah mengalami kecelaan. Namun demikian untuk mencegah risiko pascakecelakaan, dia memutuskan untuk tidak melanjutkan balapan.

“Saya baik-baik saja setelah kecelakaan besar yang saya alami pagi ini. Untuk tindakan pencegahan, dan untuk tidak mengambil risiko lagi, kami memutuskan untuk tidak balapan di #GP Indonesia. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua tim medis MotoGP dan Rumah Sakit Mataram atas perawatan yang diterima. Terima kasih atas semua pesan dukungan Anda (3/3),” cuitnya, Minggu (20/3/2022). (HS-08)

Kian Lengkap, Semakin Menyeramkan

Kesan Ganjar Usai Nonton MotoGP Mandalika