in

Presiden Jokowi Lepas Tim Indonesia ke Olimpiade Tokyo 2021

Presiden Jokowi pada upacara pelepasan Tim Indonesia Menuju Olimpiade Tokyo Tahun 2021, Kamis (08/07), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Setkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di ajang olahraga Olimpiade Tahun 2021 di Tokyo, Jepang.

Acara pelepasan digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (08/07) dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, dan dihadiri undangan yang sangat terbatas.

Dalam arahannya, Presiden meminta para atlet yang akan berangkat, untuk fokus meraih prestasi yang membanggakan bagi negara dan seluruh rakyat Indonesia.

“Hari-hari ini, sampai ke puncak pertandingan, agar jaga kesehatan, jaga stamina, jaga motivasi, dan fokus pada pertandingan dan fokus pada prestasi. Rakyat menaruh harapan besar kepada saudara-saudara dan prestasi saudara-saudara akan menjadi prestasi negara kita Indonesia,” kata dia, seperti diriis Setkab.go.id.

Pada Olimpiade yang akan digelar 23 Juli hingga 10 Agustus ini, Indonesia akan memberangkatkan 28 atlet dan 17 ofisial dari 8 cabang olahraga (cabor) yang sudah sepenuhnya siap bertanding secara sportif dan berpotensi meraih medali juara. Kedelapan cabor tersebut yaitu atletik, panahan, rowing, menembak, bulu tangkis, angkat besi, renang, dan selancar.

“Saya tahu persiapan untuk menghadapi Olimpiade Tokyo ini telah dilaksanakan secara maksimal dan para atlet saya tahu juga telah bekerja keras untuk meningkatkan prestasinya,” ujar Presiden.

Dengan perjuangan dan usaha maksimal tersebut, Kepala Negara optimistis akan membuah hasil yang diharapkan oleh seluruh bangsa Indonesia.

“Selamat menjalankan amanat berat ini. Rakyat menunggu Saudara-saudara kembali ke Tanah Air dengan membawa medali yang membanggakan Indonesia. Semoga perjuangan Saudara-saudara berhasil,” kata dia.

Sementara itu dalam laporannya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, menyampaikan pengiriman 28 atlet ke Olimpiade Tokyo ini, melebih target yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu sebanyak 22 atlet.

“Hasil dari kualifikasi yang dihasilkan ini adalah melebihi dari target. Karena usaha dan kerja keras dari semua pihak kita bisa memberangkatkan 28 atlet,” ujarnya Menpora.

Menpora menambahkan, pengiriman kontingen yang dipimpin oleh Chef de Mission Rosan P Roeslani ini adalah wujud dari komitmen pemerintah untuk kemajuan olahraga di Indonesia.

“Perhatian Bapak Presiden terhadap olahraga Indonesia tetap ada dan ditunjukkan dengan pelepasan secara virtual. Ini adalah komitmen pemerintah untuk mendorong majunya olahraga di Tanah Air,” ujarnya.

Zainudin juga menegaskan bahwa seluruh kontingen ini telah memperoleh dosis vaksin Covid-19. “Para atlet, ofisial, dan tenaga pendamping semuanya sudah divaksin,” tandasnya.

Acara ini dihadiri baik secara langsung maupun virtual oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman, Chef de Mission Kontingen Indonesia Rosan P Roeslani, serta para atlet, ofisial, dan ketua umum induk organisasi cabang olahraga yang akan diberangkatkan ke Olimpiade Tokyo Tahun 2021. (HS-08)

Share This

Budi Santoso Resmi Dilantik Sebagai Penjabat Sekretaris Daerah

Cinadong, Dulunya Lahan Bengkok Tak Terawat yang Kini Jadi Wisata Pemancingan