in

Pratama Arhan Lolos, Ini 28 Pemain Pilihan Pelatih Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Shin Tae-yong telah menetapkan 28 pemain, termasuk bek PSIS Semarang Pratama Arhan, yang dibawa ke Dubai, UEA. (Foto: DOK/pssi.org)

 

HALO SPORT – PSIS Semarang meloloskan pemain muda Pratama Arhan yang akan memperkuat tim nasional pada tiga sisa lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022. Pratama termasuk 28 pemain pilihan pelatih Shin Tae-yong yang berangkat ke Dubai, Uni Emirat Arab.

Pratama dipanggil pelatih STY setelah bersinar di Piala Menpora 2021. Bek kiri berusia 19 ini terpilih sebagai pemain muda terbaik (best young player) di turnamen pramusim tersebut.

Performa ciamik Pratama yang menjadikan pelatih STY memberi kesempatan bergabung untuk mengikuti seleksi. Hasilnya, dia lolos untuk melanjutkan pemusatan latihan di UEA. Di negara itu, tim Merah Putih melakoni tiga laga kualifikasi melawan Thailand (3/6/2021), Vietnam (7/6/2021), dan UEA (11/6/2021).

Babak kualifikasi seharusnya digelar secara home and away. Namun dengan belum berakhirnya pandemi Covid-19, Asian Football Confederatian (AFC) memutuskan babak kualifikasi diselesaikan secara home tournament dengan delapan negara yang ditetapkan sebagai tuan rumah.

UEA menjadi tuan rumah Grup G yang terdiri dari Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Selama babak kualifikasi, Indonesia selalu menelan kekalahan sehingga menduduki dasar klasemen grup. Indonesia pun dipastikan gagal lolos dan berharap tidak lagi menelan kekalahan pada tiga laga terakhir.

Indonesia menunjukkan keseriusan di tiga laga itu dengan merencanakan dua uji coba selama di UEA. Mereka dijadwalkan menghadapi Afghanistan, Selasa (25/5/2021) dan Oman, Sabtu (29/5/2021). Uji coba itu diharapkan mematangkan persiapan tim Garuda sebelum menyelesaikan tiga laga kualifikasi.

Dari 28 pemain itu, pelatih STY juga menyertakan pemain yang membela klub-klub luar Indonesia seperti Elkan Baggott (Inggris), Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Egy Maulana (Polandia), Witan Sulaeman (Serbia), dan Ryuji Utomo (Malaysia). Mereka akan langsung terbang ke Dubai untuk bergabung dengan rekan-rekannya. Sedangkan skuad yang menjalan latihan di Jakarta akan berangkat pada Senin (17/5/2021) pukul 00.40 WIB.

“Ini adalah pilihan dari pelatih Shin Tae-yong. Bukan berarti yang ditinggal di Indonesia bukan yang terbaik, tetapi ini sekali lagi murni pilihan pelatih. Pelatih hanya membutuhkan 28 pemain. Itu artinya tidak semua pemain bisa dibawa ke Dubai,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan seperti dikutip laman PSSI.

Penetapan 28 pemain oleh pelatih STY memang cukup mengejutkan. Dirinya memilih Pratama, tetapi mencoret pemain naturalisasi Marc Klok. Begitula pula pemain PS Sleman Arthur Irawan tak dipertahankan eks pelatih timnas Korsel ini.

Iriawan meyakini dalam memilih kebutuhan pemain, pelatih asal Korea Selatan itu sudah berhitung sehingga siapa pun yang terpilih dan dibawa ke Dubai adalah yang siap secara mental, disiplin, fisik, dan skill. Menurut Iwan Bule, sapaannya, pilihan pelatih harus dihormati.

Pelatih Shin Tae-yong berharap 28 pemain terpilih bisa memberikan yang terbaik. Menurut dia selama pemusatan latihan di Jakarta, pemain belum menunjukkan kemampuan terbaik. Pasalnya mayoritas pemain sedang menjalankan ibadah puasa.

“Masih ada waktu untuk mengembalikan fisik pemain. Saat di Dubai, mereka tidak puasa lagi dan ini memungkinkan fisik pemain akan meningkat. Yang paling penting kemauan dan kerja keras mereka sudah terlihat saat pemusatan latihan di Jakarta,” kata Shin Tae-yong.(HS)

Daftar 28 pemain yang dibawa ke Dubai, UEA
1. Nadeo Argawinata, Bali United
2. M Adi Satryo, PS Sleman
3. Aqil Savik, Persib
4. Andy Setyo, Tira Persikabo
5. Rachmat Irianto, Persebaya
6. Rizki Ridho, Persebaya
7. Ryuji Utomo, Penang FC
8. Nurhidayat Haji, PSM
9. Elkan Baggot, Kings Lynn Town
10. Firza Andik, Tira Persikabo
11. Pratama Arhan, PSIS
12. Rifad Marasabessy, Borneo FC
13. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners
14. Koko Ari, Persebaya
15. Evan Dimas, Bhayangkara FC
16. Ady Setiawan, Persebaya
17. Kadek Agung, Bali United
18. Syahrian Abimanyu, Newcastle Jets
19. Genta Alfaredo, Semen Padang
20. Witan Sulaeman, FC Radnik Surdulica
21. Adam Alis, Bhayangkara FC
22. Egy Maulana, Lechia Gdansk
23. Yakob Sayuri, PSM
24. Osvaldo Haay, Persija
25. Kushedya Yudo, Arema FC
26. M Rafli, Arema FC
27. Saddam Emiruddin, PS Sleman
28. Braif Fatari, Persija.(HS)

Share This

Kesempatan Pertama setelah 11 Tahun Berjuang

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Jumat (14/5/2021)