in

Pramuka Wonogiri Harus Mampu Beradaptasi Dengan Perkembangan Zaman

Pembina Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Wonogiri, yang juga Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, dalam Pembukaan Musyawarah Cabang gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wonogiri, Selasa (25/05), di Ruang Girimanik, Kompleks Setda Kabupaten Wonogiri. (Foto : Wonogirikab.go.id)

 

HALO WONOGIRI – Pramuka masa kini, harus mampu beradaptasi dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi. Pramuka juga harus dapat beradaptasi dengan kondisi riil bangsa.

Hal itu disampaikan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, selaku Pembina Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Wonogiri, dalam Pembukaan Musyawarah Cabang gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wonogiri, Selasa (25/05), di Ruang Girimanik, Kompleks Setda Kabupaten Wonogiri.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Pramuka punya peran strategis dalam membangun karakter pribadi bangsa Indonesia. “Gerakan Pramuka ini punya peran penting, peran strategis dalam membentuk karakter pribadi yang punya kesadaran bahwa kita adalah bagian dari sebuah bangsa dan negara yaitu Indonesia,” kata Bupati.

Namun demikian, menurut Bupati, perubahan signifikan terjadi hampir di seluruh sendi kehidupan akibat Pandemi Covid-19. Pramuka yang identik dengan kegiatan kepanduan, perkemahan, dan kegiatan sosial lainnya harus terhenti karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat.

Selain itu, perkembangan zaman di era teknologi mampu menggeser kultur dan tata sosial kemasyarakatan yang ada. Karenanya, Bupati berharap, Gerakan Pramuka Kwarcab Wonogiri dapat beradaptasi dengan kondisi riil bangsa.

“Saya berharap, Visi Misi Gerakan Pramuka Kwarcab Wonogiri dapat disesuaikan dan disiapkan dengan kondisi riil bangsa dan negara saat ini. Mari kita bersatu menguatkan lagi tekad dan semangat supaya dapat mewujudkan gerakan Pramuka yang relevan dengan perkembangan zaman dan menciptakan tata kehidupan yang lebih baik lagi khususnya bagi masyarakat Kabupaten Wonogiri,” kata dia, seperti dirilis Wonogirikab.go.id.

Upacara Pembukaan Muscab Pramuka Kwarcab Wonogiri ini, ditutup dengan penyerahan palu sidang dari Bupati Wonogiri, kepada Ketua Kwarcab Wonogiri. (HS-08)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Rabu (26/5/2021)

50 ASN di Solo Terima Kartu Identitas Pensiun, Pemkot Minta Tetap Layani Masyarakat